Inilah Situs-situs yang Menyiarkan Gerhana Matahari Total

Kompas.com - 22/07/2009, 08:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski tak dapat dilihat dari Indonesia, peristiwa gerhana matahari total (GMT) yang berlangsung pada Rabu (22/7) dapat disaksikan secara langsung melalui web. Ada sejumlah situs yang dapat dikunjungi untuk menyaksikan detik-detik persitiwa langka yang diklaim sebagai GMT terlama pada abad ke-21.

Siaran langsung dengan kualitas high definition misalnya dapat dilihat melalui http://www.eclipse-tv.com dengan resolusi 900 X 600 piksel. Tayangan ini dilakukan AstroNative Technologies dari pengamatan di daerah Pulau Yangshan, selatan Shanghai, China. Siaran dimulai pukul 07.24 WIB hingga 10.03 WIB. Namun, untuk mengaksesnya harus membayar 9,95 euro dan dapat dibayarkan melalui Paypal.

Masyarakat Astronomi China didukung Akademi Sains China juga menyiapkan web di http://eclipse.astronomy2009.org.cn/english. Situs ini merupakan jejaring sosial yang menggabungkan sejumlah pengamatn di berbagai titik untuk disiarkan secara simultan.

Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) juga akan menyiarkannya NASA TV yang beralamat di http://www.nasa.gov/multimedia/nasatv/index.html

Foto-foto

Selain siaran langsung secara streaming, beberapa situs juga mengumpulkan foto-foto yang diabadikan dari berbagai lokasi. Publik dapat berpartisipasi untuk membagi hasil pengamatannya dalam situs-situs tersebut, antara lain melalui blog http://solartotality.wordpress.com. Situs yang dibuat Space Generation Advisory Council ini bahkan menyediakan hadiah berupa buku dan peralatan astronomi untuk foto terbaik.

Cukup unggah foto ke Flickr dengan tag #solartotality2009 sehingga hasil pencarian akan mengarahkan ke foto-foto GMT dan mengirimkan link-nya kepada panitia.

Panitia Tahun Astronomi Internasional 2009 juga menyediakan situs untuk berbagi pengalaman di http://eclipse22jul09.wordpress.com. Pengguna Flickr juga dapat langsung memasukkan fotonya ke dalam group http://www.flickr.com/groups/iya2009.