Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Lihat Orangutan Ragunan Diberi Makan...

Kompas.com - 11/07/2009, 09:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Di hari terakhir liburan sekolah, Taman Margasatwa Ragunan Jakarta, pagi ini mengadakan kegiatan pemberian makanan secara langsung ke orangutan (feeding). "Selama ini kami beri makan orangutan di dalam kandang, sekarang kami mau pertontonkan kepada para pengunjung," kata Wahyudi Bambang Prihantoro, Staf Promosi Taman Margasatwa Ragunan, saat di temui di kantornya, Sabtu (11/7).

Dari pengamatan Kompas.com, kandang orangutan, tempat feeding berlangsung, tengah dipersiapkan seperti habitat asli orangutan. Ada beberapa pohon pisang "dadakan" lengkap dengan tandan pisangnya. Berbagai jenis dedaunan yang diatur sedemikian rupa seperti habitat hutan. "Kita buat habitat aslinya dengan pohon-pohonan ini, supaya orangutan tidak asing dengan habitat aslinya," ungkap Bambang.

Menurut Bambang, feeding ini juga merupakan upaya pihak Taman Margasatwa Ragunan untuk mengenalkan orangutan kepada habitat aslinya sehingga ketika dikembalikan ke hutan tidak asing. "Tujuan konservasi untuk menyelamatkan populasi orangutan dari kepunahan di habitat asli dan akhirnya pada suatu saat dikembalikan ke hutan lagi," paparnya.

Untuk itu, tambahnya, di kandang orangutan ini dibuat pengayaan habitat. Seperti ada 3 menara yang satu dengan yang lainnya saling dihubungkan dengan rantai dan tali. Ada juga ban-ban. "Ini supaya hewan tidak merasa jenuh. Maka difasilitas. Mereka bisa berayun, naik-naik, bergelayutan seperti di hutan. Kalau tidak dibuat seperti ini maka mereka akan terganggu, tidak nyaman," kata Bambang.

Orangutan yang berstatus langka ini akan mendapatkan menu istimewa dibanding hari biasa. Mereka akan diberi pisang, pepaya, tebu, semangka dan durian. "Saat dilepas mereka akan memilih sendiri makanan yang mereka suka," katanya.

Feeding akan berlangsung kira-kira jam 10.00. Ada 3 orangutan yang akan dipertunjukkan. Bagi Anda yang penasaran dan tertarik, silakan datang ke Taman Margasatwa Ragunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com