Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lapan Luncurkan Roket Terbesar RX-420

Kompas.com - 03/07/2009, 17:06 WIB

GARUT, KOMPAS.com - Roket berdiameter 420 mm diluncurkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional dengan mulus di Instalasi Uji Terbang Roket di pantai selatan Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat, Kamis (2/7). Roket RX-420 ini merupakan roket terbesar yang dibuat Lapan.

Kemarin juga diluncurkan dua roket RX-100 yang digunakan menguji subsistem payload roket buatan Lapan. Peluncuran roket disaksikan Menteri Negara Riset dan Teknologi Kusmayanto Kadiman, Kepala Lapan Adi Sadewo Salatun, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Marzan A Iskandar, Sekretaris Menko Kesra Indroyono Susilo, perwakilan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Departemen Pertahanan, TNI dan Polri, PT Dirgantara Indonesia, serta PT Bukaka.

"Kami mendapat seluruh parameter data pada 10 detik pertama roket mulai terangkat hingga melesat ke udara," ujar Adi Sadewo. Berdasarkan golden data itu bisa dibuat rekonstruksi perilaku terbang roket dengan rasio kesalahan 5 persen. Kemarin, ia menilai motor dan bahan bakar berfungsi baik. (YUN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com