Eropa Luncurkan Dua Wahana Pendamping Teleskop Hubble

Kompas.com - 18/05/2009, 16:26 WIB

SAN JUAN, KOMPAS.com — Di saat para astronot menyelesaikan perbaikan teleskop Hubble, badan antariksa Eropa meluncurkan teleskop ruang angkasa yang akan mendampinginya. Teleskop yang diberi nama Herschel tersebut diluncurkan bersama dengan wahana lain bernama Planck dari pangkalan peluncuran roket di Guyana Perancis, Kamis (14/5) lalu.

Kedua wahana buatan Eropa itu mungkin tidak seperti Hubble yang menghasilkan gambar-gambar spektakuler karena bekerja di luar gelombang cahaya tampak. Namun, informasi yang akan direkamnya sangat berguna untuk mengungkap lebih jauh mengenai proses pembentukan planet-planet dan bintang-bintang. Pantas kalau keduanya disebut pendamping Hubble.

Teleskop ruang angkasa Herschel didesain untuk mencari jejak es dan debu angkasa yang tertinggal selama proses pembentukan planet. Selain itu, teleskop ini juga peka dalam mendeteksi kemungkinan jejak air di luar angkasa.

Sementara Planck akan mengukur radiasi yang ditimbulkan dari ledakan Big Bang yang mengawali kelahiran alam semesta. Wahana yang membawa teleskop sendiri dapat merekam radiasi yang berasal dari jarak sangat jauh hingga dapat mengungkap keadaan saat alam semesta masih berumur 380.000 tahun.

Herschel dan Planck saat ini tengah melesat ke target orbitnya pada jarak 1,6 juta kilometer dari Bumi. Kira-kira membutuhkan waktu seminggu untuk mencapai orbit yang diinginkan itu. Herschel akan bekerja selama lebih dari tiga tahun, sedangkan Planck hanya didesain untuk aktif 21 bulan. Hubble sendiri diharapkan dapat bekerja lebih lama antara 5-10 tahun dengan penambahan instrumen baru dan perbaikan komponen yang rusak.