Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terumbu Karang Lestari, Ekonomi Pun Meningkat

Kompas.com - 26/02/2009, 21:05 WIB

JAKARTA, KAMIS — Pelestarian terumbu karang tidak akan mematikan kegiatan perekonomian masyarakat, melainkan meningkatkannya.

Demikian disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi di sela konsultasi informasi anggota World Ocean Conference (WOC) di Jakarta, Kamis (26/2).

Ungkapan Freddy tersebut ingin menepis anggapan beberapa negara yang memandang bahwa dengan pelestarian terumbu karang akan mematikan kegiatan ekonomi rakyat.

Sebaliknya, justru dengan bagusnya kondisi terumbu karang, ikan-ikan yang dihasilkan semakin banyak. Dengan demikian menguntungkan masyarakat.

"Untuk itu, kami kembangkan budi daya yang ramah lingkungan sehingga perekonomian mereka tetap bisa dikembangkan," kata Freddy.

Pelestarian terumbu karang ini rencananya akan menjadi salah satu fokus pembicaraan dalam Coral Triangel Initiative (CTI) Summit yang merupakan bagian dari WOC di Manado, 11-15 Mei.

CTI terdiri dari enam negara anggota yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Niugini, Timor Leste, dan Kepulauan Solomon.

Fokus mereka ini sebagaimana dikatakan Freddy adalah kawasan segitiga terumbu karang dunia yaitu di sekitar laut Sulawesi dengan fokus Bunaken sampai Filipina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com