Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 7,4 SR Guncang Sulawesi Utara dan Maluku

Kompas.com - 12/02/2009, 05:53 WIB

PALU, KAMIS - Sebuah gempa tekntonik besar berkekuatan 7,4 pasa Skala Richter Kamis (12/2) dini hari mengguncang wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut)  dan Maluku Utara (Malut). Belum diketahui dampak kerusakan materi yang ditimbulkan oleh guncangan gempa bumi.     

Badan Meteorologi dan Geofisika Jakarta Kamis dini hari dalam situsnya di internet melaporkan pusat gempa yang terjadi sekitar pukul 00:34:57 WIB atau 01:34:57 WITA itu berada di 3,85 derajat Lintang Utara dan 126,67 derajat  Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut, atau sekitar 112 kilometer arah tenggara Melonguane, Sulut. Kekuatan gempa ini berpontensi menimbulkan tsunami.

Namun, peringatan tsunami tersebut telah dicabut satu jam kemudian setelah berlangsungnya guncangan gempa bumi.Guncangan gempa bumi tersebut diikuti oleh 5 guncangan gempa bumi susulan yang berkekuatan lebih dari 5 skala Richter.

Grace Wakary, yang menetap di Manado, menjelaskan ke The Associated Press tak merasakan adanya guncangan gempa bumi dan warga sekitarnya tak menunjukkan kepanikan.  Guncangan gempa juga tidak dirasakan oleh sebagian besar penduduk di wilayah tetangga Sulut, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Sebagian besar warga di sejumlah kabupaten yang wilayahnya cukup dekat dengan Provinsi Sulut tidak terlihat panik. "Kami tidak merasakan gempa dan warga di kota kami masih beristirahat dengan tenang," kata Ahmad Sinukun, penduduk Kelurahan Baru di Luwuk, ibukota Kabupaten Banggai di bagian timur Sulteng.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com