Gading Mammoth Utuh Ditemukan di California

Kompas.com - 15/01/2009, 22:57 WIB

LOS ANGELES, KAMIS - Sebuah fosil memanjang yang diyakini sebagai gading mammoth ditemukan dalam kondisi utuh di Pulau Santa Crus lepas pantai selatan California, AS. Di sekitarnya juga ditemukan fosil tulang-belulang iga dan tulang paha berukuran besar.

"Kami tidak pernah menemukan fosil mammoth di lokasi ini sebelumnya," ujar Lotus Vermeer, direktur proyek Pulau Santa Cruz Nature Conservancy.
Jika benar itu adalah fosil mammoth, berarti daya jelajah mammoth lebih luas dari perkiraan sebelumnya.

Pulau Santa Cruz merupakan pulau terbesar dari gugusan delapan buah pulau di lepas pantai California dengan luas 29.000 hektare. Selama Periode Pleistocene, 10.000 tahun lalu, pulau tersebut masih menyatu dengan tiga pulau lainny ayakni San Miguel, Santa Rosa, dan Anacapa sebagai pulau raksasa yang disebut Santarosae.

Para ilmuwan sebelumnya berpendapat bahwa mammoth darat Columbia yang merupakan nenek moyang gajah menyeberangi selat ke pulau tersebut untuk mencari habitat baru. Lambat laun tubuhnya beradaptasi dengan lingkungan pulau sehingga ukurannya mengecil.

"Dilihat dari ukuran gadingnya sekitar 1,2 meter memang mungkin kepunyaan mammoth kerdil," ujar Vermeer. Fosil mammoth kerdil dengan tulang lengkap pernah ditemukan di Pulau Santa Rosa pada tahun 1994.

Namun, jejak mammoth kerdil di Santa Cruz belum pernah ditemukan sebelumnya. Pada tahun 2005 ditemukan tulang paha dan lengan depan dan sebelumnya juga ditemukan pecahan gading namun semuanya berasal dari mammoth darat.

Meski sangat mirip gading, kurator Museum Sejarah Nasional Santa Barbara menyangsikan fosil yang baru ditemukan sebagai fosil gading mammoth. Para peneliti baru akan memperkirakan umurnya dengan melakukan pengujian dengan radiokarbon.