Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, LIPI Teliti Patahan Lembang

Kompas.com - 26/12/2008, 13:19 WIB

JAKARTA, JUMAT — Tahun 2009, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan meneliti patahan utama gempa di daerah Lembang, Bandung, Jawa Barat. Rencananya, tim ini langsung dipimpin oleh Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI, Hery Harjono. Tim ini akan mengumpulkan data untuk menemukan pola gempa dan geofisika patahan.

"Tahun 2009 kami akan mulai ke Lembang untuk memetakan patahan-patahan aktif yang ada di sana," kata Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI Hery Harjono di Jakarta, Jumat (26/12).

Penelitian ini diperlukan untuk mengetahui secara persis lokasi sesar atau patahan. Hery mengakui, saat ini pihaknya belum mengetahui Lembang sepenuhnya.

"Kami tahu ada patahan, tapi tidak tahu di mana patahannya," ujar Hery. Hery menuturkan, sejatinya survei di Lembang sudah dilakukan sejak tahun 2005.

Ia mengharapkan penelitian ini akan selesai dalam 5 tahun ke depan. Selain daerah Lembang, LIPI juga akan meneliti daerah pantai seperti Pantai Pangandaran. Untuk meneliti daerah Lembang, LIPI akan bekerja sama dengan pihak Institute Teknik Bandung (ITB).

"ITB merupakan partner utama kita. Nanti kami minta mereka (ITB) bantu kita," ujar Hery.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com