Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taikonot China Siap Meluncur ke Luar Angkasa

Kompas.com - 23/09/2008, 02:39 WIB

BEIJING, SENIN - Dalam hitungan hari China siap meluncurkan wahana berawak ke antariksa untuk ketiga kalinya. Para astronot China dilaporkan telah bersiap di lokasi peluncuran Shenzhou VII di Pusat peluncuran Satelit Jiuquan, Provinsi Gansu, daerah pelosok barat laut China.

'Enam astronot dengan pakaian training berwarna biru telah tiba di lokasi peluncuran dengan semangat membara. Bendera nasional disematkan di dada masing-masing. Masing-masing merupakan tiga awak utama, yakni Zhai Zhigang, Liu Boming, dan Jing Haipeng serta tiga awak penggantinya.

Keenam awak tersebut akan dikarantina sampai peluncuran yang rencananya dilakukan antara 25-30 September 2008. Tiga orang akan melesat ke luar angkasa dalam wahana Shenzhou VII yang didorong roket Long March 2F buatan China.

Peluncuran wahana berawak kali ini sangat berarti bagi China. Sebab, untuk pertama kalinya, astronot China yang sering disebut sebagai taikonot akan mencoba teknik spacewalk atau berjalan langsung di luar angkasa. Salah satu taikonot, Zhai Zhigang akan melakukan spacewalk selama 40 menit dan disiarkan secara langsung melalui satelit kecil yang dibawa wahana tersebut.

Mereka juga akan menguji teknik docking otomatis yang akan menggabungkan bagian-bagian Shenzhou VII di orbit Bumi.

China menjadi negara ketiga di dunia setelah Rusia dan AS yang berhasil meluncurkan wahana berawak ke luar angkasa. Peluncuran pertama dengan Shenzhou V sukses mengirimkan Yang Liwei pada tahun 2003. Tahun 2005, Shenzhou VI mengirimkan dua awak selama lima hari masing-masing Fei Junlong dan Nie Haisheng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com