27 Teleskop Vixen 20 cm Dibagikan ke Pelosok Daerah

Kompas.com - 25/08/2008, 20:54 WIB

BANDUNG, SENIN - Internasional Oliympiad Astronomy and Astrophysic (IOAA) berencana membagikan 27 teleskop peneropongan bintang merek Vixen berdiameter 20 centimeter dan panjang fokus 1,6 meter pada 27 daerah di Indonesia. Namun, sebelumnya akan dilakukan survei kelayakan mengenai pemeliharaan alat selanjutnya.

Menurut Sekretaris Jenderal IOAA Chatief Kunjaya, Senin (25/8), hal ini terkait dibutuhkannya alternatif peneropongan bintang di luar Observatorium Bosscha. Polusi udara dan gelombang radio di sekitar observatorium saat ini sudah mengkhawatirkan.

Nantinya Boscha tetap berperan sebagai pusat pengendalian teropong di berbagai daerah. Namun, ia berharap daerah yang mendapatkan teropong memerhatikan perawatannya. "Harga satu teleskop cukup mahal, Rp60 juta-Rp70 juta," katanya.