Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mumi 3.500 Tahun Dites DNA

Kompas.com - 02/06/2008, 14:52 WIB

CAIRO, SENIN - Para arkeolog Mesir melakukan tes DNA pada mumi berusia 3.500 tahun. Tujuan tes DNA ini untuk membuktikan apakah mumi tersebut adalah jasad Raja Thutmose I, salah satu raja tersohor pada zaman Mesir Kuno.

Zahi Hawass, Kepala Dewan Purbakala Mesir, mengatakan, tes DNA dan pemindaian sinar X dilakukan kepada mumi yang belum lama ditemukan di Thebes, bagian barat Sungai Nil, yang kini dikenal sebagai Lembah Luxor. Ia mengatakan, mumi lain yang telah bertahun-tahun dipamerkan di Museum Mesir sebagai Raja Thutmose I mungkin salah.

Thutmose I adalah raja ketiga Mesir pada dinasti ke-18. Ia berkuasa pada 1506-1493 sebelum Masehi. Ia digantikan Thutmose II sebelum Hatsheput, saudara perempuan Thutmose II, yang dikenal sebagai raja Mesir wanita paling terkenal. Hawass tidak menjelaskan, dengan mumi yang mana hasil tes DNA akan dibandingkan dengan alasan rahasia negara. Tahun lalu, para arkeolog Mesir juga melakukan tes DNA mumi yang ditengarai sebagai jasad Hatsheput, namun hasilnya tak dipublikasikan.

Tes DNA akan mengungkap siapa orangtua mumi tersebut dan cara paling akurat untuk menentukan silsilah raja Mesir.  Untuk melakukan tes DNA mumi-mumi di Mesir, Discovery Channel yang berambisi mengungkap semuanya telah mengucurkan biaya 5 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com