Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Laut Filipina, Terasa hingga Manado

Kompas.com - 01/03/2020, 10:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sabtu (29/2/2020) pukul 16.28 WIB, wilayah Laut Filipina diguncang gempa tektonik berkekuatan magnitudo 5,5 yang terasa hingga Manado, Indonesia.

Dalam keterangan tertulis oleh Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc, episenter gempabumi ini terletak pada koordinat 3.26 LU dan 128.11 BT.

Lokasi tepatnya yaitu berada di laut pada jarak 124 km arah Utara Kota Daruba, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara pada kedalaman 128 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas Subduksi Lempeng Laut Philipina," kata dia.

Baca juga: Zona Megathurst Sukabumi Picu Gempa Besar dan Tsunami? Ini Kata BMKG

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan Patahan Naik.

Hingga hari Sabtu, 29 Februari 2020 pukul 16.47 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan dan hasil pemodelanjuga gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Sementara itu, dampak gempabumi yang terjadi itu sendiri dirasakan di daerah Manado, Bitung, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Tonggano, Tutuyan, Tobelo, Morotai dengan skala intensitas III MMI.

Untuk diketahui, skala intensitas III MMI, itu getarannya dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan truk berlalu.

Baca juga: Gempa Hari Ini: Maluku Diguncang Lindu M 6,7, Terasa Sampai Kaimana

Meski demikian, hingga saat laporan dan artikel ini dimuat, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Upayakan untuk menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com