Pertama Kalinya, Ilmuwan Temukan Oksigen di Galaksi Lain

Kompas.com - 23/02/2020, 17:04 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Sumber MSN

KOMPAS.com – Untuk kali pertama, para astronom menemukan molekul oksigen yang bisa digunakan untuk manusia bernapas pada galaksi di luar Tata Surya.

Penemuan ini dilakukan oleh sekelompok astronom dari Shanghai Astronomical Observatory yang dikepalai oleh Junzhi Wang.

Para astronom menemukan oksigen molekuler dengan menganalisis gelombang cahaya dari Markarian 231, sebuah galaksi dengan jarak sekitar 581 juta tahun cahaya dari Bumi.

Ironisnya, justru kadar oksigen dalam atmosfer Bumi sendiri dianggap menyulitkan untuk analisis gelombang cahaya dari galaksi lain.

Mengutip situs MSN, Minggu (23/2/2020), gelombang cahaya tersebut biasanya diserap atau dipantulkan kembali oleh elemen-elemen gas dalam atmosfer Bumi. Hal itulah yang selama ini menyebabkan sulitnya analisis gelombang cahaya dari galaksi lain.