Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Observasi di Natuna, WNI dari Wuhan Akan Tetap Dipantau Dinkes

Kompas.com - 15/02/2020, 13:27 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Observasi kesehatan terhadap 238 Warga Negara Indonesia di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau pasca-evakuasi dari Provinsi Hubei, China telah berakhir.

Mereka semua akan dipulangkan ke Jakarta pada hari ini (15/2/2020).

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berkata bahwa setelah para WNI dan WNA selesai menjalani observasi, mereka akan langsung diberi surat keterangan sehat.

Lantas setelah kembali ke daerahnya masing-masing, mereka akan menjadi tanggung jawab dinas kesehatan wilayah masing-masing.

Baca juga: WN China Positif Corona Usai dari Bali, Ini Hasil Penyelidikan Kemenkes

Dinas kesehatan akan terus emmantau dan melakukan surveilance tracking untuk membantu para WNI dan WNA, termasuk dalam hal sosialisasi dengan masyarakat dan keluarga.

"Observasinya sudha selesasi dan begitu observasi selesai. menurut WHO sudah tidak apa-apa. Tapi itu sebagai wujud tanggung jawab. Kalo ada sesuatu hal, misalnya masuk angin atau apa, merasa cemas, Dinkes yg akan memeriksa, menjelaskan," ujar Terawan dari Natuna, seperti dikutip dari tayangan KompasTV.

Dia melanjutkan, karena secara teori dari WHO, kalau sudah dua minggu ya sudah bebas.

Perwakilan WHO yang hadir di lokasi, N Paranietharan, juga sependapat.

Baca juga: WHO Resmikan Nama Virus Corona Wuhan COVID-19

Dia berkata bahwa WHO merasa senang karena observasi telah berakhir dan tidak ada satu pun dari WNI dan WNA yang diobservasi mengalami gejala virus corona.

"Pesan kunci kita bagi semua orang adalah selama mereka tidak bergejala selama 14 hari, mereka boleh pulang. Ketika mereka kembali ke komunitasnya, tidak masalah untuk berada di dalam komunitas. It's perfectly fine. Tidak perlu khawatir tentang mereka," ujarnya.

"Nantinya, mereka tetap harus waspada seperti orang Indonesia lainnya, pastikan untuk selalu mencuci tangan agar terhindar dari (Covid-19). Itu saja," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com