Kekuatan Super Salamander jadi Kunci Regenerasi Jaringan pada Manusia

Kompas.com - 03/02/2020, 20:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meski memiliki keunikan pada penampilannya, Salamander axolotl ini ternyata memiliki kekuatan super dalam meregenerasi bagian tubuhnya.

Tak heran jika hewan amfibi yang memiliki bentuk aneh, dengan insang berenda dan tubuh berwarna merah jambu ini menginspirasi peneliti untuk bisa menirunya.

Dibalik anatomi tubuhnya yang unik ini, Salamander axolotl ternyata punya kekuatan super yang tidak dimiliki hewan lain.

Saat hewan ini kehilangan anggota tubuh, seperti jantung atau bahkan sebagian besar otaknya, Salamander axolotl tidak mati. Mereka mampu meregenerasi bagian tubuhnya yang hilang.

Baca juga: Amfibi Terbesar di Dunia Ditemukan, Salamander Raksasa Hampir 2 Meter

"Salamander axolotl memiliki kemampuan meregenerasi hampir semua cedera yang hampir membunuhnya," kata Parker Flowers, peneliti dalam studi ini, seperti dikutip dari Science Daily, Selasa (3/2/2020).

Profesor kimia dan farmasi dari the John C. Malone Professor of Molecular, Cellular, and Developmental Biology ini mengungkapkan hal itulah yang membuat Salamander axolotl menjadi penelitian menarik bagi para peneliti.

Sebab, apabila para ilmuwan dapat menemukan dasar genetik Salamander axolotl untuk beregenerasi, mereka dapat menemukan cara untuk memulihkan jaringan yang rusak pada manusia.

Sayangnya, para ilmuwan mengalami kesulitan untuk memecahkan genetik dari Salamander axolotl.