Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Burung Jalak di Inggris Jatuh dan Mati di Jalanan, Kok bisa?

Kompas.com - 18/01/2020, 19:31 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Editor


KOMPAS.com - Kawanan burung jalak yang sedang terbang mengelompok tiba-tiba jatuh dan mati di salah satu ruas jalan di Wales, Inggris.

Ratusan burung jalak yang mati itu, diketahui ditemukan mati tergeletak di ruas jalan di Pulau Anglesey, seperti dilansir dari BBC Indonesia, Sabtu (18/1/2020).

Pada Desember lalu, lebih dari 200 burung jalak ditemukan mati di Pulau Anglesey, Wales.

Baca juga: Belasan Burung Jalak Putih Dilepas di Tahura Raden Soerjo Mojokerto

Salah satu burung tersebut memiliki tanda yang menunjukkan mereka terbang dari Lithuania. Jarak dari lokasi burung-burung jalak ini ditemukan mati sekitar 1.662 kilometer.

Kepolisian North Wales membeberkan hasil penyelidikan kematian sekawanan burung jalak itu.

Hasil penyelidikan sementara yang mendukung teori yakni kawanan burung jalak itu jatuh ke tanah setelah mencoba menghindari predator.

Pemeriksaan awal yang dilakukan Animal Plant and Health Agency mengungkapkan kawanan burung jalak (starling) mati setelah jatuh dan menimpa jalan beraspal.

Terdapat cincin di salah satu burung jalak ini, bertuliskan 2015 Ventes Ragas, Lithuania dengan usia empat tahun.

Baca juga: Puluhan Burung Jalak Putih Dilepasliarkan di Taman Safari

"Sangat mungkin kawanan burung jalak ini bermanuver untuk menghindari serangan burung pemangsa dan sebagian dari mereka lalu terjatuh," demikian isi cuitan Tweet Animal Plant and Health Agency.

Sementara itu, seorang pakar mengatakan kawanan burung jalak dapat saja mengalami disorientasi dan terjatuh. Hal itu dapat terjadi akibat efek pantulan sinar matahari di ruas jalan yang basah.

Sebelumnya, seorang bernama Dafydd Edwards bersama pasangannya, menemukan bangkai burung- burung jalak di jalanan. Seakan ratusan burung-burung itu terjatuh dari langit.

Kepolisian setempat juga tengah menunggu hasil toksikologi lebih lanjut. Hal itu dilakukan sebelum mengumumkan hasil penyelidikan final yang dapat dikonfirmasi terhadap matinya burung jalak di Pulau Anglesey, Wales, Inggris.

Baca juga: Jokowi Borong 300 Burung Jalak di Pasar Pramuka untuk Dilepas di Istana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com