Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga Rafflesia Terbesar Sedunia Mekar di Sumatera

Kompas.com - 06/01/2020, 18:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Sumber AFP

Rafflesia tuan-mudae, begitu nama latin bunga tersebut, mekar di pedalaman Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Para peneliti mengukur diameter bunga tersebut mencapai 111 cm.

Rekor bunga rafflesia terbesar sebelumnya memiliki diameter 107 cm, yang juga ditemukan di pedalaman Sumatera.

“Ini adalah Rafflesia tuan-mudae terbesar yang pernah ditemukan,” tutur Ade Putra dari Badan Konservasi Agam seperti dikutip dari AFP, Senin (6/1/2020).

Baca juga: Bukti Kekayaan Indonesia, Spesies Rafflesia Baru Ditemukan di Bengkulu

Bunga raksasa ini tidak mekar dalam waktu lama. Ade menuturkan, bunga ini hanya mekar sekitar satu minggu sebelum kembali mati.

Bunga raksasa rafflesia tumbuh subur di beberapa negara Asia Tenggara. Di Filipina, pernah ditemukan rafflesia berdiameter 100 cm.

Baca juga: Faktanya, Bukan Raffles yang Pertama Menemukan Bunga Rafflesia

Bunga bersifat parasit ini kerap disebut bunga bangkai karena baunya yang menyengat. Namun, yang dimaksud bunga bangkai adalah Amorphophallus titanium yang memiliki tinggi hingga tiga meter.

Amorphophallus titanium pernah mekar di New York Botanical Garden (2016) dan San Francisco Conservatory of Flowers (2018).

Para wisatawan mengambil gambar bunga bangkai titan arum (Amorphophallus titanum) di Kebun Botani AS di tahun 2013.REUTERS Para wisatawan mengambil gambar bunga bangkai titan arum (Amorphophallus titanum) di Kebun Botani AS di tahun 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com