Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sakit Leher saat Bangun Tidur, Begini Penyebab dan Cara Menanganinya

Kompas.com - 03/12/2019, 19:04 WIB
Amalia Zhahrina,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.COM - Pernahkah Anda merasa sakit leher saat bangun tidur? Biasanya, untuk mengurangi rasa sakit ini, Anda membuat gerakan seperti memutarkan kepala.

Sakit leher seperti ini biasanya terjadi karena posisi tidur, jenis bantal yang digunakan, atau masalah tidur lainnya.

Dilansir dari Healthline (27/06/2019), penelitian menunjukkan bahwa masalah tidur mungkin merupakan akar hingga lima persen dari kasus baru penyakit kronis. Faktor-faktor penyebab sakit leher ini dapat Anda ubah di rumah, sehingga dapat mengurangi rasa sakit.

Berikut faktor-faktor penyebab sakit leher:

1. Posisi tidur

Posisi tidur tengkurap ternyata dapat menyebabkan sakit leher. Saat tidur tengkurap, leher Anda bisa bertumpu pada satu sisi selama berjam-jam. Hal ini dapat meregangkan otot leher sehingga membuat leher terasa pegal dan kaku di pagi hari.

Tidur di kasur tanpa bantal dan guling juga dapat membuat ketegangan saat tidur. Penyebabnya adalah tulang belakang dan otot-otot di punggung menekan perut ke arah kasur.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Benarkah Main Gawai Bikin Tanduk Tumbuh di Leher?

2. Memilih Bantal Saat Tidur

Tidur menghabiskan banyak waktu. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan pemakaian bantal untuk mencegah rasa sakit di leher.

Bantal yang tidak menopang kepala dan leher dengan benar dapat membuat ketegangan pada otot leher Anda. Hal itulah yang menyebabkan sakit pada leher.

Agar tulang punggung dan leher nyaman, disarankan memakai bantal bulu atau memory foam sehingga kepala Anda seperti "dipeluk" di malam hari.

Ilustrasi tidur tengkurap Ilustrasi tidur tengkurap

3. Gerakan tiba-tiba

Ketika tidur, Anda mungkin melakukan gerakan tiba-tiba, seperti duduk dengan cepat atau melemparkan anggota tubuh Anda dalam mimpi. Hal ini dapat menegangkan otot leher Anda.

Selain itu, gerakan melempar dan berputar saat tidur, atau mencoba tidur juga dapat membuat ketegangan dan stres di pada leher.

4. Mengalami Cidera

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com