Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Menjemur Bayi Setiap Pagi Sembuhkan Sakit Kuning

Kompas.com - 28/10/2019, 13:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber ,Health Line

KOMPAS.com - Bayi Kartika Putri yang berusia 10 hari, Syarifah Khalisa Aghnia Bahira, dikabarkan harus mendapat perawatan di rumah sakit karena penyakit kuning.

"Khalisa sakit kuning, diperiksa (bilirubinnya) 17. Jadi harus di inkubator selama 48 jam. Doain saja ya biar sehat walafiat," ungkap Habib Usman bin Yahya, suami Kartika Putri melalui pesan WhatsApp, Minggu (27/10/2019).

Buah hati Kartika dan Usman lahir pada Jumat (28/10/2019) pukul 4.29 WIB.

Bisakah penyakit kuning sembuh dengan dijemur setiap pagi?

Seperti dijelaskan sebelumnya, penyakit kuning atau disebut newborn jaundice cukup sering terjadi pada bayi baru lahir yang usianya belum mencapai dua minggu.

Baca juga: Mengenal Penyakit Kuning yang Dialami Bayi Kartika Putri dan Pemicunya

Penyakit kuning merupakan kondisi yang menyebabkan mata dan kulit bayi menguning.

Dilansir Health Line, penyakit kuning muncul karena bayi memiliki kadar bilirubin yang tinggi.

Bilirubin merupakan pigmen berwarna kuning yang terkandung di dalam darah dan tinja. Bilirubin diproduksi tubuh ketika sel darah merah hancur secara alami.

Pada bayi yang sudah berumur beberapa bulan hingga orang dewasa, bilirubin akan bergerak melewati hati hingga akhirnya dikeluarkan tubuh.

Namun pada bayi baru lahir, hati mereka belum berkembang sempurna sehingga belum cukup matang mengeluarkan bilirubin dari tubuh.

Seiring dengan kondisi ini, banyak masyarakat percaya bahwa dengan menjemur bayi dapat mencegah penyakit kuning, selain manfaat mendapat asupan vitamin D untuk si kecil.

Sebetulnya mitos tersebut tak sepenuhnya salah. Karena memang ada beberapa kasus sakit kuning yang perlahan sembuh karena terkena sinar maahari.

Namun perlu dicatat, menjemur bayi setiap pagi bukanlah satu-satunya cara untuk mengobati sakit kuning.

Dilansir Hello Sehat, rutinitas ini sebenarnya tidak cukup efektif mengurangi kadar bilirubin, tapi lebih kepada memenuhi asupan vitamin D pada bayi.

Jika bayi yang berusia 0-6 bulan terkena sinar matahari secara langsung dan untuk waktu lama, hal ini justru akan membuat kulitnya terbakar dan kepanasan.

Mengobati penyakit kuning pada bayi baru lahir

Pada kebanyakan kasus, penyakit kuning pada bayi baru lahir dapat hilang dengan sendirinya seiring hati bayi yang mulai berkembang. Selain itu, ketika bayi mulai menyusu pada ibu, ini juga membantu bilirubin keluar dari tubuh.

Halaman:
Sumber ,Health Line
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com