Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Temukan Semut Tergesit, Melangkah 10 Kali Lebih Cepat dari Usain Bolt

Kompas.com - 22/10/2019, 20:04 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Peneliti telah menemukan semut dengan lari tercepat. Jika dikonversi pada manusia, kecepatannya setara 579 kilometer per jam.

Mengutip The Independent, Selasa (22/10/2019), semut itu berjenis Saharan silver ant. Sesuai namanya, semut ini memiliki habitat di Gurun Sahara. Jika dibandingkan dengan manusia, semut ini bisa berlari sekitar 10 kali lebih cepat dibanding Usain Bolt.

Dalam satu detik, pelari tercepat sedunia itu bisa berlari empat langkah. Bandingkan dengan Saharan silver ant yang berlari 50 langkah dalam satu detik, dengan jarak hampir satu meter (85,5 cm).

Saharan silver ant bertahan dengan cara memangsa bangkai hewan lain. Mereka hidup di Gurun Sahara yang temperaturnya mencapai 60 derajat Celcius pada siang hari.

Baca juga: Selain Semut Charlie Alias Tomcat, Inilah 7 Serangga Paling Berbahaya

Langkah semut ini bahkan memanjang dari 4,7 mm menjadi 20,8 mm ketika kecepatan mereka bertambah. Saking cepatnya, tiap kaki hanya menyentuh tanah selama 7 milidetik saja.

“Kemampuan ini mungkin berkaitan dengan habitatnya di gurun pasir. Teknik ini bisa menahan tubuh semut untuk tidak tenggelam di dalam pasir yang lunak,” tutur kepala peneliti dari University of Ulm, Jerman, Harald Wolf.

Harald Wolf menekankan bahwa Saharan silver ant merupakan spesies spesial dibandingkan semut-semut gurun lainnya.

Baca juga: Secara Taksonomi Semut Charlie Alias Tomcat Bukan Semut, tapi...

Bagaimana cara mengukur kecepatan semut ini? Para peneliti merekam kecepatan Saharan silver ant dengan menempatkan kamera di atas terowongan menuju sarang semut.

Usai mengukur kecepatan, para peneliti kini ingin mengukur seberapa besar kontraksi otot spesies ini. Para peneliti percaya, Saharan silver ant memiliki otot tubuh tercepat yang pernah ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com