Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/09/2019, 17:05 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Banyak orang yang berusaha back in shape seiring bertambahnya usia. Ini karena seiring kita bertambah tua, semakin besar pula kemungkinan tubuh kita bertambah gemuk.

Penelitian dari Karolinska Institutet di Swedia baru-baru ini mengetahui penyebabnya. Bertambahnya berat badan dan kegemukan terjadi karena lipid (lemak) dalam jaringan sel berkurang seiring bertambahnya usia.

Hal itu membuat mudah gemuk, bahkan saat kita menjaga makanan dan berolahraga seperti biasa. Mengutip Science Daily, Selasa (17/9/2019), penelitian ini dimuat dalam jurnal Nature Medici

Para ilmuwan di Karolinska Insitutet berkolaborasi dengan Uppsala University dan University of Lyon melakukan penelitian terhadap 54 pria dan wanita dalam jangka waktu 13 tahun. Selama periode tersebut, terlepas dari berat badan responden yang naik atau turun, terjadi penurunan pada lemak dalam jaringan sel masing-masing orang.

Mereka yang meminimalisir makanan berkalori mengalami kenaikan berat badan rata-rata 20 persen.

Baca juga: Sains Diet, Bagaimana Makan Lemak Saat Diet Keto Turunkan Berat Badan?

Para peneliti juga memeriksa kondisi lipid pada 41 wanita yang menjalani operasi bariatrik (operasi khusus untuk mengatasi kegemukan) dan bagaimana tingkat pergantian lipid mempengaruhi kemampuan mereka untuk menjaga berat badan empat hingga tujuh tahun pasca-operasi.

Hasilnya, hampir semua orang yang melakukan operasi bariatrik bisa menjaga bahkan menurunkan berat badan setelahnya. Cara ini (operasi bariatrik) bisa menjadi lebih maksimal bila dilakukan bersamaan dengan olahraga rutin.

“Obesitas dan penyakit yang berkaitan dengan obesitas menjadi masalah global. Memahami dinamika lipid dan mengaplikasikannya pada manusia akan menjadi sangat relevan,” tutur Kirsty Spalding, ilmuwan senior di Department of Cell and Molecular Biology di Karolinska Institutet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com