Resmi Sudah, Kita Akan Dikenang sebagai Zaman Plastik di Masa Depan

Kompas.com - 06/09/2019, 07:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa kita kini sedang hidup di zaman plastik. Ini bukan kiasan, penelitian mengungkapkan bahwa partikel-partikel plastik kecil telah masuk ke catatan fosil Bumi.

Para peneliti dari Scripps Institution of Oceanography mengambil sampel inti dari sedimen di sekitar pesisiran California selatan. Sampel ini kemudian dikeringkan dan dianalisis masing-masing lapisannya.

Lapisan yang tertua berasal dari tahun 1834, dan semuanya wajar-wajar saja hingga 1940-an. Pada lapisan dari masa-masa inilah, para peneliti mulai menemukan partikel-partikel plastik.

Pasalnya, 1940-an merupakan masa ketika plastik mulai diproduksi secara massal. Bersamaan dengan penggunaan plastik oleh manusia yang kian meningkat, sampah plastik mulai mengalir ke lautan dan mencemari ekosistemnya.

Dilaporkan dalam jurnal Science Advances, jumlah partikel plastik yang ditemukan dalam sedimen bahkan berlipat ganda setiap 15 tahun sejak 1945.