Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Faktor yang Membuat Anda Lebih Berisiko Terkena Penyakit Gusi

Kompas.com - 15/08/2019, 19:37 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Editor

Sumber hellosehat

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mendengar pepatah “Jika ingin mempertahankan gigi, rawatlah gusi"? Pepatah ini merupakan hal yang benar karena penyakit gusi (periodontal) adalah penyebab utama tanggalnya gigi pada orang dewasa.

Semua orang memang rentan terhadap penyakit gusi. Akan tetapi, penyebab yang paling umum adalah kurangnya perhatian terhadap kebersihan mulut dalam jangka waktu yang lama.

Untuk diketahui, rutin menyikat gigi secara menyeluruh, serta memeriksakan gigi dan mulut Anda ke dokter adalah kunci utama guna mencegah berkembangnya penyakit.

Sementara itu, faktor lain yang dapat menyebabkan penyakit gusi adalah:

1. Keturunan

Faktor keturunan membuat beberapa orang mudah terkena penyakit gusi seperti gingivitis (radang gusi). Dan bakteri penyebab penyakit ini bisa lebih berbahaya dibanding orang lain.

Baca juga: Viral, Benarkah Tempelkan Bawang Putih di Tangan Bisa Sembuhkan Sakit Gigi?

2. Obat-obatan

Ada obat-obatan tertentu yang menghambat produksi air liur. Padahal, air liur bisa memberikan efek pembersihan sehingga plak dan tartar tidak mudah terbentuk. obat-obatan antidepresi dan flu mengandung bahan yang menurukan produksi air liur. Begitu juga dengan minuman beralkohol.

3. Merokok

Merokok dapat menghambat penyembuhan gusi karena terhambatnya pembentukan jaringan baru yang rusak karena bakteri.

Pasalnya, di dalam rongga mulut seorang perokok terdapat sedikitnya tiga macam bakteri yang jika didiamkan akan menimbulkan plak gigi. Sementara itu, kandungan nikotin yang terdapat pada rokok dapat membuat imun tubuh menjadi lemah sehingga perlawanan terhadap bakteri pun berkurang.

Alhasil, fungsi-fungsi normal dalam sel jaringan gusi pun terganggu dan menghalangi aliran darah ke gusi. Hal ini dapat menghambat suplai nutrisi ke gusi dan dapat membuat gusi terpisah dari tulang sehingga rentan terinfeksi.

Baca juga: Stop Pakai Pasta Arang, Tidak Memutihkan dan Justru Merusak Gigi

4. Diabetes

Mereka dengan diabetes lebih rentan terkena penyakit gusi karena diabetes dapat menyebabkan penebalan pembuluh darah halus. Akibatnya, zat makanan kurang mampu di hantar ke jaringan gusi dan membuang sisa pembakaran.

5. Kehamilan

Perubahan hormonal pada saat kehamilan dapat membuat gusi lebih rentan terhadap efek merusak oleh plak.

6. Penuruan Imunitas

Beberapa penyakit dapat merusak sistem imun kita dan dan membuat kita lebih rentan terkena infeksi, termasuk peyakit gusi. (Farren Sahertian)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber hellosehat
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com