Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Harus Anda Ketahui

Kompas.com - 12/08/2019, 17:36 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Editor

KOMPAS.com - Hidung tersumbat terjadi jika jalan udara melalui hidung terhambat. Setiap orang pasti pernah mengalami hidung tersumbat ketika sedang pilek atau alergi. Kadang hidung tersumbat terjadi akibat septum (tulang rawan pada hidung) yang bengkok.

Menurut buku Mayo Clinic: Family Health Book terbitan Intisari, gejala utama hidung tersumbat adalah hilangnya kemampuan bernapas melalui hidung. Namun, sebenarnya penyebab-penyebab hidung tersumbat lebih dari itu. Berikut adalah penyebab-penyebab hidung tersumbat.

1. Flu (influenza)

Flu merupakan penyakit pernapasan menular akibat infeksi virus yang tersebar lewat udara. Penyakit ini berbeda dengan selesma atau yang biasa disebut dengan pilek. Penyakit ini disebabkan salah satu dari ketiga jenis virus, influenza A, B, dan C. Influenza sedikitnya menewaskan 10.000 jiwa setiap tahunnya di AS.

2. Pilek (selesma)

Pilek berbeda dengan flu. Pilek disebabkan oleh alergi atau reaksi saluran pernapasan terhadap bahan-bahan kimia tertentu. Perbedaannya dengan flu adalah pilek berlangsung lebih singkat dan hanya membuat hidung berair serta demam ringan.

Baca juga: Suhu Dingin sampai September, Bagaimana Cara agar Tidak Pilek?

3. Hay fever

Hay fever biasa juga disebut dengan alergi rinitis. Beberapa tanda dan gejala hay fever biasanya mencakup bersin dan keluarnya lendir encer dari hidung. Bisa juga ada gatal pada hidung, tenggorokan, dan mata.

4. Efek samping obat

Beberapa obat, seperti alpha-adregenic blockers yang dipakai untuk mengatasi pembesaran kelenjar prostat yang jinak, dapat menimbulkan efek samping berupa hidung tersumbat.

Pemakaian obat semprot hidung yang dijual bebas secara berlebihan juga bisa memperparah kondisinya. Selain itu, alergi terhadap obat-obatan tertentu juga memicu tersumbatnya hidung.

5. Polip hidung

Polip hidung adalah tonjolan-tonjolan pada dinding dalam saluran hidung yang menyerupai mutiara. Adanya benjolan kecil dalam rongga hidung dapat menghambat aliran udara, yang bisa menyebabkan hidung tersumbat.

Polip paling sering terjadi pada penderita hay fever, asma yang terinduksi oleh aspirin, serta sinusitis jangka panjang.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Kalau Makan Pedas Hidung Jadi Meler?

6. Sinusitis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com