Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanlah Ayam, Bukan Sapi untuk Kurangi Risiko Kanker Payudara

Kompas.com - 09/08/2019, 19:06 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Penelitian terbaru menemukan bahwa mengganti daging merah dengan unggas dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita secara drastis.

Para peneliti dari the National Institute of Environmental Health Sciences di Amerika Serikat menemukan bahwa memakan banyak daging merah berkaitan dengan meningkatnya risiko kanker payudara; sedangkan mengonsumsi lebih banyak unggas seperti, ayam, kalkun, dan bebek dapat menurunkan risiko kanker payudara.

"Daging merah telah diidentifikasi seperti karsinogen," kata Dr Dale Sandler yang telah mempublikasikan penelitian ini dalam International Journal of Cancer.

"Penelitian kami menambahkan bukti lebih lanjut bahwa mengonsumsi daging merah berkaitan dengan meningkatnya risiko kanker payudara, sedangkan unggas berkaitan dengan turunnya risiko tersebut," ujarnya lagi.

Baca juga: Halo Prof! Apakah Kanker Payudara Bisa Turun ke Anak Perempuan?

Untuk penelitian tersebut, para ilmuwan mengamati konsumsi daging dan praktik memasak daging dari 42.012 wanita selama tujuh tahun.

Dalam lanjutan penelitian tersebut, para peneliti mendiagnosis 1.536 kasus kanker payudara invasif pada partisipan.

Partisipan yang mengonsumsi daging merah dalam jumlah tertinggi ditemukan memiliki risiko kanker payudara 23 persen lebih besar daripada mereka yang mengonsumsi dalam jumlah terrendah.

Sementara itu, wanita yang mengkonsumsi unggas dalam jumlah tertinggi dalam makanan mereka memiliki risiko 15 persen lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi unggas dalam jumlah terrendah.

Temuan ini tidak terpengaruh oleh faktor-faktor lain, seperti aktivitas fisik, obesitas dan mengkonsumsi alkohol, yang telah diperhitungkan. Temuan juga tidak ada hubungannya dengan cara memasak.

Baca juga: 3 Temuan Terbaru Pengobatan Kanker Payudara yang Bangkitkan Harapan

Dr Sadler menjelaskan bahwa hingga kini, masih belum jelas melalui mekanisme apa mengkonsumsi unggas bisa menurunkan risiko kanker payudara.

Namun, penelitian tersebut memang menunjukkan bukti bahwa mengganti daging merah dengan daging unggas merupakan perubahan sederhana yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kanker payudara.

Ini bukanlah kali pertama mengkonsumsi daging merah dikaitkan dengan kenaikan risiko kanker.

Pada tahun 2014, sebuah penilitian dari Harvard School Of Public Health ditemukan hubungan antara tingginya asupan daging mentah saat awal masa dewasa dan meningkatnya risiko kanker payudara.

"Menggantikan daging merah dengan kombinasi kacang polong, unggas, kacang-kacangan, dan ikan mungkin mengurangi risiko dari kanker payudara," tulis para peneliti dalam laporannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com