Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Banten, Ahli Konfirmasi Belum Ada Sinyal Tsunami yang Terdeteksi

Kompas.com - 02/08/2019, 19:53 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Gempa Banten berpotensi tsunami terjadi pada Jumat (2/8/2019) pukul 19.03 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, gempa berpusat di 107 km selatan Sumur banten dan bermagnitudo 7,4.

Ahli gempa dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Abdul Muhari dalam keterangannya kepada Kompas.com sebelumnya mengatakan, "Ada sinyal tsunami di selatan Banten."

Elevasi pasang surut Stasiun Marina JambuAbdul Muhari Elevasi pasang surut Stasiun Marina Jambu

Sinyal tsunami itu didapatkan lewat pemantauannya pada data elevasi pasang surut di stasiun pemantauan pasang surut di Binuagen dan Marina Jambu. Grafik naik menunjukkan adanya gelombang yang datang ke pantai atau lokasi alat pantau dipasang.

Dalam keterangan terbaru, Abdul menyatakan bahwa sinyal tersebut bukan tsunami. "Kita konfirm bukan sinyal tsunami karena terdeteksi disturbance-nya sejak pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Gempa Banten yang Berpotensi Tsunami dan Guncang Jakarta Berpusat di Megathrust Selat Sunda

Keterangan: Berita direvisi menyesuaikan dengan keterangan ahl;i yang mengonfirmasi bahwa sinyal yang diterima bukan sinyal tsunami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com