Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Tolak Gaji 8 Juta, Pakar Pendidikan Sebut Logikanya Tidak Jalan

Kompas.com - 25/07/2019, 19:01 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Media sosial twitter diramaikan dengan tagar #gaji8juta sejak Kamis (25/07/2019). Hastag ini menjadi trending menyusul unggahan sebuah akun yang tidak diketahui identitasnya.

Dalam unggahan tersebut, penulis pesan mengungkapkan keluhannya atas tawaran gaji sebesar Rp 8 juta yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.

"Jadi tadi gue di undang interview kerja perusahaan lokal. Dan nawarin gaji kisaran 8 juta doang. Helllooo, meskipun gue fresh graduate gue lulusan UI Pak!! Universitas Indonesia." tulis narasi dari akun tersebut.

"Jangan disamain ama fresh graduate kampus lain dong ah...level UI mah udah perusahaan LN, kalai lokal mah oke aja asal harga cucok," demikian isi unggahan itu.

Baca juga: Viral Fresh Graduate Tolak Gaji Rp 8 Juta, Kenapa Kita Bisa Ikut Terbawa Emosi?

Unggahan tersebut kemudian mendapat berbagai respons dari warganet. Kabanyakan menyangkan isi narsi itu yang melepas kesempatan mendapat pekerjaan dengan gaji 8 juta.

Meski begitu, sebenarnya "menghargai" diri untuk sebuah pekerjaan adalah hal yang sah-sah saja dan wajar dilakukan siapapun. Pendapat senada juga diungkap oleh pengamat pendidikan, Doni Kusuma Albetrus.

"Meminta gaji besar adalah hak individu. Siapa saja boleh. Bukan hanya orang lulusan UI," ungkap Doni saat dihubungi Kompas.com, Kamis (25/07/2019).

"Individu juga berhak menolak perusahaan tertentu. Ini bebas-bebas saja di alam demokrasi," tegasnya.

Hal ini juga diungkapkan oleh psikolog dan talent management Engineering Career center Universitas Gadjah Mada, Gita Aulia Nurani.

Gita menuturkan, bisa jadi, sebelum melamar sebuah pekerjaan orang sudah melakukan riset atau mencari informasi gaji yang sesuai dengan jurusan dan bidang kerja.

"Tapi, yang perlu menjadi catatan di sini adalah permintaan gaji harus sejalan dengan kompetensi dan skill yang dimiliki," tegas Gita.

Almamater Menentukan Gaji?

Meski hal yang wajar meminta gaji tertentu, tapi yang menjadi pertanyaan warganet dalam narasi yang beredar adalah apakah almamater bisa menentukan jumlah gaji yang diperoleh seseorang.

Menurut Doni, hal tersebut justru menunjukkan kekeliruan berpikir.

"Yang jadi masalah adalah apakah karena seseorang lulusan UI lalu berhak memperoleh gaji besar karena universitasnya? Di sini ada kekeliruan berpikir," tutur Doni.

Menurut Doni, ketika bekerja, seseorang itu menawarkan kemampuan, keterampilan dan pengetahuannya.

Baca juga: Viral Tolak Gaji Rp 8 Juta, Ini yang Harus Diperhatikan Fresh Graduate

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com