Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramaikan Hari Anak Nasional dengan 5 Tontonan Edukatif di Netflix

Kompas.com - 23/07/2019, 17:07 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Selamat hari anak nasional! Pada hari ini, apa rencana Anda bersama buah hati tercinta? Bila belum ada, bagaimana kalau menyaksikan tontonan edukatif yang akan memperluas wawasan?

Salah satu layanan streaming-on-demand di Indonesia yang memiliki banyak film bertema sains, lingkungan dan kesehatan adalah Netflix. Berikut adalah lima tontonan pilihan Kompas.com di Netflix:

Brainchild (7+)

Bagi orangtua dengan anak berusia tujuh tahun ke atas, Brainchild akan menjadi tayangan menarik bagi seluruh anggota keluarga. Serial ini terdiri dari 13 episode mengenai berbagai pengetahuan, mulai dari mimpi, kuman hingga media sosial, yang disajikan secara menarik dengan permainan interaktif, eksperimen dan sandiwara komedia.

Brainchild juga cocok digunakan sebagai media pembelajaran karena setiap episodenya disertai dengankurikulum bagi anak usia sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang bisa di-download dari situs resminya.

Baca juga: NASA Temukan Logo Starfleet dari Film Serial Star Trek di Mars

Our Planet (7+)

Our PlanetGisle Sverdrup/Silverback/Netflix Our Planet

Serial yang diproduksi sebagai kolaborasi dengan World Wildlife Fund (WWF) ini menyajikan keindahan alami planet kita, dari dalam hutan, lautan, kutub yang beku hingga padang pasir; serta bagaimana perubahan iklim memengaruhi seluruh makhluk hidup yang hidup di dalamnya.

Dinarasikan oleh broadcaster dan naturalis ternama David Attenborough, dokumenter spektakular asal Inggris ini telah menuai pujian dari kritikus dunia. Saksikan sendiri untuk membuktikannya.

The Mars Generation (7+)

The Mars GenerationNetflix The Mars Generation

Bila anak Anda bermimpi untuk menjadi astronot, The Mars Generation adalah tontonan yang sempurna. Dokumenter berdurasi 1 jam 37 menit ini menuturkan kisah para remaja pencinta luar angkasa yang mengikuti program Space Camp di U.S. Space & Rocket Center untuk mengejar impian mereka pergi ke planet Mars.

Di samping para remaja, ada juga para ahli yang merenungkan sejarah NASA dan masa depan di mana manusia dapat melakukan perjalanan antar planet.

Baca juga: Bak Film King Kong, 6 Megafauna Ini Pernah Menghuni Bumi Indonesia

Bill Nye Saves the World (13+)

Bill Nye Saves The WorldGreg Gayne / Netflix Bill Nye Saves The World

Bila anak sudah mulai beranjak remaja, Bill Nye Saves the World bisa menjadi pilihan tontonan Anda malam ini. Dibawakan oleh pemenang Emmy Award dan komunikator sains paling terkenal di Amerika Serikat, Bill Nye; acara ini menghadirkan para ahli dan tokoh untuk mengeksplorasi isu-isu ilmiah dalam kehidupan sehari-hari kita.

Explained (16+)

EXPLAINEDNetflix EXPLAINED

Situs berita Vox berada di balik serial dokumenter yang menyoroti isu-isu dalam kehidupan sehari-hari. Tiap episodenya yang hanya berdurasi sekitar 15-20 menit menggali berbagai topik dan pertanyaan yang jarang dibahas dalam siklus berita pada umumnya. Contoh topik yang telah dibahas adalah alasan di balik gagalnya diet, mata uang kripto hingga K-pop.

Namun, orangtua wajib tahu bahwa tidak semua episode dalam serial ini cocok untuk ditonton anak-anak. Beberapa episode memiliki rating usia 16 tahun ke atas atau untuk remaja dewasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com