Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipenuhi Gedung Bertingkat, Bagaimana Tawon Mematikan Vespa Affinis Hidup di Jakarta?

Kompas.com - 03/07/2019, 08:02 WIB
Nibras Nada Nailufar,
Yunanto Wiji Utomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tawon Vespa affinis yang mematikan kembali ditemukan di Jakarta. Menurut Peneliti Biologi LIPI Rosichon Ubaidillah, tawon ini memang hidup di kawasan subtropis Asia

"Mulai dari Hong-Kong, Taiwan, Sri Lanka, Taiwan, Burma, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, Sumatra hingga Filipina (Palawan). Hampir subtropis Asia bisa ditemukan, termasuk Jawa. Sangat mungkin ada di Jakarta," kata Rosichon ketika dihubungi, Selasa (2/7/2019).

Di Jakarta, bukan berarti V. affinis hidup di antara gedung-gedung pencakar langit. Mereka tetap mencari tempat yang rimbun. Mereka predator pemangsa serangga lain.

"Serangga ini sebagai pemangsa serangga lain, sering mengujungi bunga-bunga tanaman termasuk bunga tanaman pisang," ujar Rochison.

Faktanya, di Jakarta masih banyak semak dan taman kota yang bisa menopang kehidupan V. affinis. Tawon ini lazim ada di tengah-tengah permukiman.

Tawon ini tak akan menyengat jika tak diganggu. Namun jika diusik, tawon akan menyerang dengan mengajak seluruh koloninya. Sengatan yang berlebihan bisa berujung pada kematian.

"Dari sengatan pertama, individu tawon akan mengeluarkan veromon berbahaya yang mengundang individu tawon dalam koloni yang sama," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Petugas Suku Dinas (Sudin) Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Jakarta Timur mengevakuasi sarang tawon berjenis vespa affinis di sebuah pohon, Jalan Cilingup Indah, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (1/7/2019).

Sebelum mengancam Jakarta, sengatan tawon jenis tersebut telah menewaskan tujuh orang di Klaten, Jawa Tengah dalam waktu dua tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com