Kucing Purba Bertaring Pedang Ternyata Mampu Hancurkan Tengkorak Lawan

Julio Subagio,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

Sumber phys.org

KOMPAS.com – Kita tahu karakter Diego dalam franchise film kartun Ice Age memiliki dalam taring panjang setajam pedang. Namun siapa sangka, makhluk seperti ini di masa lalu memang pernah menguasai Bumi.

Lewat temuan yang dilaporkan di jurnal Comptes Rendus Palevol para ahli dari berbagai institusi di Argentina mengungkap temuan fosil kucing purba dengan gigi taring mirip pedang.

Dalam laporan ilmiah mereka disebutkan, gigi itu diduga kuat dihadikan senjata paling mematikan bagi mangsa buruan maupun predator pesaing. Pasalnya, gigi itu memiliki kekuatan yang sanggup menghancurkan dan menembus tengkorak dan tulang lawan.

Para ahli menemukan beberapa sisa fosil tengkorak kucing gigi pedang di kawasan Amerika Selatan. Fosil itu milik Smilodon populator.

Baca juga: Tak Hanya Manusia, Kucing Pun Dimumikan oleh Orang Mesir Kuno

Para peneliti ini memukan fosil kucing bergigi pedang dengan lubang besar pada bagian tengkorak. Setelah melalui analisis, disimpulkan bahwa lubang tersebut konsisten dengan sifat fisik dan ukuran dari taring kucing gigi pedang dari spesies yang sama.

Lubang gigi ini berada di antara kedua mata, persis seperti luka yang sering dijumpai pasca pertarungan antara kucing besar jantan modern, seperti jaguar dan macan tutul, saat berkelahi berebut makanan atau teritori.

Ukuran lubang yang besar ini mengimplikasikan kehidupan kucing bergigi pedang yang amat brutal, karena gigi menembus tengkorak dan memiliki kedalaman yang sanggup merusak otak dan organ lainnya secara fatal dan menyebabkan kematian seketika.

Hal ini mengimplikasikan bahwa kucing bergigi pedang bukan hanya berbahaya bagi mangsanya, namun juga bagi sesamanya, yang menjadi pesaingnya dalam perebutan makanan, teritori, ataupun pasangan.

Kucing bergigi pedang merupakan salah satu predator puncak pada akhir epos Pleistosen, yakni sekitar 11.000-126.000 tahun yang lalu. Berdasarkan temuan fosil, diperkirakan kucing ini menempati kawasan Amerika Utara hingga Selatan.