Permen Karet Berusia 10.000 Tahun Ungkap Sejarah Migrasi Manusia

Kompas.com - 21/05/2019, 19:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Sekitar 10.000 tahun yang lalu, dunia dikejutkan dengan datangnya sekelompok manusia ke tanah Huseby-Kiev, barat Swedia. Tanah ini baru saja muncul ke permukaan setelah tertutupi oleh lapisan es yang tebalnya empat kilometer.

Kelompok baru ini kemudian mampu menetap dan bertahan hidup dengan berburu dan memancing di area tersebut.

Hal ini tentunya membuat para peneliti modern bertanya-tanya, bagaimana mereka bisa menguasai tanah yang baru saja muncul. Sayangnya, tidak banyak yang diketahui mengenai masyarakat Huseby-Kiev.

Baca juga: Grafiti Pemburu Paus Kuno Ditemukan di Australia Barat

Baru sekarang, identitas masyarakat Huseby-Kiev mulai terungkap berkat getah kulit kayu birch yang mereka kunyah sebagai permen karet dan lem untuk memperbaiki tembikar atau menempelkan tulang tajam ke batu sebagai senjata.

Berdasarkan alat-alat yang mereka tinggalkan, para peneliti berhasil mendeduksi bahwa masyarakat Huseby-Kiev awalnya datang dari dua arah, yakni dari barat Eropa dan Rusia, ketika lapisan es mencair. Mereka kemudian bertemu di daerah Skandinavia dan mengalami percampuran yang menjadi cikal bakal masyarakat pemburu-pengumpul Skandinavia.

Pertanyaannya, kapan mereka bertemu? Arkeolog Natalija Kashuba dari Uppsala University menjawabnya dengan mengambil DNA dari bekas getah kulit kayu birch yang masih menyimpan sidik jari dan bekas gigitan masyarakat Huseby-Kiev.

Secara total, Kashuba berhasil mengidentifikasikan tiga individu, yakni dua perempuan dan satu laki-laki, dan menelusuri garis genetika mereka.