Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2019, 20:33 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya dua guncangan gempa bumi di Indonesia hari ini, Kamis (16/05/2019).

Kedua gempa bumi ini memiliki magnitudo yang sama, yaitu M 4,6. Meski begitu, keduanya terjadi di dua wilayah yang berbeda.

Lindu pertama mengguncang wilayah Bitung, Sulawesi Utara. Gempa ini dirasakan oleh warga sekitar pukul 10.56 WIB.

Guncangan gempa terasa dalam skala intensitas II-III MMI. Dengan kata lain, getaran lindu tersebut hanya dirasakan oleh beberapa orang dan seperti ada truk lewat.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 3,4 Getarkan Lombok Utara

Melihat pada peta guncangan milik BMKG, pusat gempa berada di area Laut Maluku. Tepatnya, 129 km arah timur laut Bitung dengan kedalaman 10 km.

Lindu kedua mengagetkan warga di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. BMKG mencatat guncangan terjadi pada pukul 12.33 WIB.

Guncangan siang tadi itu dilaporkan oleh warga MOrowali dan Banggai Laut. Dalam skala intensitas, warga di kedua kabupaten itu tercatat II-III MMI.

Pusat gempa yang terjadi bergeser tak terlalu jauh dari lindu pertama. Kali ini, episenter menunjukkan di Teluk Tolo, tepatnya 42 km selatan Makapa, Kabupaten Banggai pada kedalaman 10 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com