Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Beluga "Mata-mata Rusia" Kembalikan Ponsel Turis yang Jatuh ke Laut

Kompas.com - 09/05/2019, 18:33 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Masih ingat dengan paus beluga yang muncul di Norwegia beberapa hari yang lalu? Mamalia laut yang diduga sebagai mata-mata terlatih Rusia itu kembali menjadi perbincangan.

Melansir dari The Dodo, Senin (06/05/2019), hewan laut itu terlihat cukup perhatian. Ia bahkan membantu mengambilkan ponsel penggunjung pantai setempat yang terjatuh ke laut.

Orang yang menjatuhkan ponsel itu adalah Ina Mansika. Dia dan teman-temannya ingin melihat dari dekat paus beluga yang sebelumnya menggunakan tali pengekang bertuliskan "Perangkat Milik St Petersburg" itu.

"Kami mendekat ke dermaga untuk melihatnya dan berharap mendapat kesempatan untuk menyentuhnya," ujar Mansika.

Baca juga: Rusia Akan Bebaskan Hampir 100 Orca dan Beluga dari Penjara Paus

Malangnya, Mansika justru menjatuhkan ponselnya ke laut saat menengok mamalia laut itu.

"Aku lupa menutup saku jaketku dan ponselku jatuh ke lautan. Kami berasumsi itu akan hilang selamanya, sampai paus itu turun kembali beberapa saat kemudian dengan ponsel itu di mulutnya," kisah Mansika.

"Semua orang sangat terkejut. Kami tidak percaya dengan apa yang kami lihat," tegasnya.

Meski kembali ke tangan Mansika, ponsel itu tidak dapat dioperasikan kembali. Tapi, hal ini tetap membuat Mansika bahagia.

"Paus itu sangat baik," tegas Mansika.

Namun, temuan ini justru makin menambah kecurigaan terhadap hewan ini. Paus berwarna putih itu terlihat terlalu biasa dengan manusia.

Dalam laporan Washington Post, otoritas sedang mempertimbangkan rencana pemindahan mamalia laut itu ke tempat perlindungan di Islandia. Alasannya adalah kemungkinan hewan ini tak bisa bertahan hidup lebih lama di alam liar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com