Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Live Facebook Kompas.com, Serba-serbi Bedah Bariatrik dengan Ahli

Kompas.com - 06/05/2019, 17:06 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Tahukah Anda, obesitas telah resmi dinyatakan oleh American Medical Association sebagai penyakit? Hal ini tidak mengherankan karena penelitian demi penelitian telah menunjukkan bahwa obesitas dapat menyebabkan berbagai penyakit dan bahkan mengurangi harapan hidup seseorang.

Permasalahannya bagi beberapa orang, berat badan bukanlah sesuatu yang bisa dikontrol hanya dengan pengaturan makan dan olahraga. Bagi orang-orang ini, bedah bariatrik mungkin adalah satu-satunya jalan untuk kehidupan yang lebih baik.

Kompas.com bersama  Dr dr Peter Ian Limas, Sp B-KBD, Dokter Spesialis Bedah Konsultan Bedah Digestif RS Pondok Indah – Pondok Indah, akan membahas mengenai bedah bariatrik dalam acara bincang-bincang Live di akun Facebook resmi kami pada hari Kamis (9/5/2019) pukul 15.00.

Selain menangani pasien, dokter yang menerima gelar doktoralnya dari Universitas Padjajaran pada 2014 ini aktif sebagai staf pengajar di Universitas Tarumanegara, dan kerap menulis karya ilmiah yang diterbitkan di berbagai jurnal dan dipresenasikan pada kegiatan ilmiah nasional dan internasional.

Baca juga: Kisah Naufal Turun 36 Kilogram dalam 3 Bulan dengan Bedah Bariatrik

Ia juga sering memperdalam ilmunya dengan berbagai pelatihan dan fellowship, seperti fellowship untuk pembedahan bariatrik di Center of Obesity and Diabetic Surgery (CODS), India; fellowship untuk Endoscopic Retrograd Cholangio Pancreatography (ERCO) & Endoscopic Ultra Sound (EUS) di Institute of Advanced Endoscopy (IAE), India; serta fellowship untuk Endoskopi Upper dan Lower GI tract di Asian Institute of Gastroenterology (AIG), India.

Dalam tayangan live Facebookbersama Kompas.com, dokter Peter akan menjelaskan berbagai prosedur bedah bariatrik, efektifitasnya dalam menurunkan berat badan dan meningkatkan kualitas hidup pasien, serta siapa saja yang boleh menjalaninya.

Bila ingin bertanya, Anda boleh menuliskan komentar saat tayangan live berjalan dan dokter Peter akan langsung menjawabnya.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyaksikan acara live Facebook Kompas.com tentang Serba-serbi Bedah Bariatrik pada Kamis, 9 Mei 2019 pukul 15.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com