Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Mobil Alami Kecelakaan, Siapa yang Paling Mungkin Jadi Korban?

Kompas.com - 03/05/2019, 12:48 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan orang saat ini adalah mobil. Namun, mobil juga menjadi kendaraan yang paling sering mengalami kecelakaan lalu lintas setelah sepeda motor.

Saat ada kejadian laka lantas, siapakah yang paling terdampak menurut Anda? Apakah pengemudi atau penumpang di kursi belakang?

Studi menarik dari Lembaga Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya (IIHS) mengungkap bahwa penumpang di kursi belakang adalah yang lebih berisiko mengalami cedera hingga meninggal.

Hal ini logis, mengingat teknologi airbag hanya diberikan pada penumpang di kursi depan dan pengemudi, sementara penumpang kursi belakang hanya memiliki sabuk pengaman yang kurang efisien dan hanya dilengkapi teknologi force limiter yang berfungsi sebagai pembatas kekuatan sabuk dalam mengendalikan beban tubuh untuk mengurangi cedera akibat laka.

Baca juga: Botol Air di Dalam Mobil Bisa Lelehkan Jok Mobil, Kok Bisa?

"Produsen mobil telah melakukan berbagai terobosan untuk menjaga keamanan pengemudi dan penumpang di kursi depan. Kami harap evaluasi baru ini bisa memacu kemajuan serupa untuk penumpang di kursi belakang," ujar Harkey Presiden IIHS dilansir IFL Science, Jumat (26/3/2019).

Kesimpulan ini didapat IIHS setelah pihaknya menyelidiki 117 kecelakaan mobil yang penumpang di belakangnya meninggal dunia atau terluka parah.

Melalui foto, catatan kepolisian, dan catatan medis ditemukan bahwa penumpang kursi belakang memiliki luka yang cenderung lebih parah dibanding penumpang depan dan pengemudi.

Mereka menemukan, cedera yang paling sering dialami adalah cedera dada kemudian cedera kepala.

Fakta ini jelas menunjukkan bahwa ada perbedaan besar pada teknologi mobil untuk kedua baris kursi penumpang.

"Kami yakin bahwa produsen kendaraan dapat menemukan cara memecahkan masalah pada kursi belakang,  seperti yang mereka lakukan untuk kursi depan (mobil)," kata Harkey.

Baca juga: Ada Ular Keluar dari Lubang Ventilasi Mobil, Ini Penjelasannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com