Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadhan, Kenali Pentingnya Asupan Zinc Selama Puasa

Kompas.com - 03/05/2019, 10:30 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

Sumber


KOMPAS.com - Saat puasa, biasanya sistem imun tubuh cenderung menurun karena kurangnya asupan makanan dan minuman. Ini artinya nutrisi penting dalam tubuh tidak tercukupi sehingga Anda mudah lelah dan tidak berenergi.

Selain dengan vitamin, tubuh juga memerlukan berbagai mineral penting seperti zinc untuk membantu memelihara daya tahan tubuh selama berpuasa.

Agar tubuh tidak mudah sakit, berapa banyak kebutuhan zinc saat puasa yang harus dipenuhi? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Bagaimana Harus Mempersiapkan Tubuh untuk Puasa?

Pernahkah Anda merasa tubuh menjadi lemas, tidak bersemangat, atau menjadi mudah sakit di bulan puasa?

Jika iya, itu artinya sistem kekebalan tubuh Anda sedang menurun. Hal ini disebabkan karena pola makan Anda berubah.

Dari yang terbiasa makan teratur dan bebas ngemil, selama puasa Anda hanya bisa makan saat sahur dan setelah berbuka puasa. Akibatnya, tubuh bisa kekurangan vitamin dan mineral yang berdampak pada penurunan daya tahan tubuh.

Nah, di sinilah peran penting asupan zinc sebagai salah satu mineral yang diperlukan oleh tubuh. Bersama dengan vitamin C, zinc berfungsi untuk memperkuat sistem imun agar tubuh tidak mudah sakit.

Pasalnya, asupan zinc mendorong limfosit T, yaitu salah satu sel darah putih untuk melawan berbagai infeksi dalam tubuh. Selain membuat tubuh lebih sehat, zinc juga berperan dalam pemecahan karbohidrat sehingga tubuh tidak mudah lemas saat berpuasa.

Kalau Anda jadi lebih mudah terkena flu atau batuk saat berpuasa, itu artinya Anda membutuhkan zinc untuk menyembuhkannya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Open Respiratory Medicine Journal, asupan zinc bermanfaat untuk mengurangi parahnya gejala flu sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

Dengan demikian, Anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan lebih sehat dan nyaman.

Kebutuhan zinc saat puasa berdasarkan usia dan jenis kelamin

Kebutuhan zinc saat puasa umumnya sama dengan hari-hari biasa. Hanya saja, Anda perlu mengatur pola makan dengan sebaik mungkin supaya kebutuhan zinc saat puasa tetap terpenuhi meski hanya bisa makan pada saat sahur dan berbuka.

Sama seperti vitamin dan mineral lainnya, kebutuhan zinc berbeda-beda sesuai dengan usia dan jenis kelamin. Kalau Anda sudah mulai melatih si kecil berpuasa sejak usia 7-9 tahun, maka kebutuhan zinc pada anak yang harus dipenuhi adalah 11 miligram (mg) per hari.

Mulai usia 10 tahun ke atas, jumlah kebutuhan zinc dilihat berdasarkan usia dan jenis kelamin. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat rincian jumlah kebutuhan zinc sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi yang telah ditetapkan oleh Kemenkes RI lewat Peraturan Menteri Kesehatan No. 75 Tahun 2013 berikut ini:

Kebutuhan zinc pada laki-laki

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com