Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Siswa Vietnam Ciptakan Sepeda Pembersih Udara

Kompas.com - 01/04/2019, 11:06 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Editor

KOMPAS.com - Sekelompok siswa di Vietnam menciptakan alat penyaring udara di sepeda. Cara ini mereka lakukan agar tak lagi harus mengenakan masker anti-polusi saat berangkat dan pulang sekolah, menurut laporan Viet Nam News.

Tiga sekawan dari SMA Thang Long Gifted di kota Dalat menghabiskan waktu selama enam bulan untuk bereksperimen sebelum menyelesaikan rancangannya tersebut.

Alat tersebut, yang dipasang pada bagian setang sepeda, memiliki penyaring udara dan sebuah baterai. Penyaringnya menggunakan tiga lapis kapas dan lembaran filter karbon aktif untuk menangkap debu.

Alat penyaring tersebut terhubung dengan kipas kecil yang terpasang di kedua sisi roda depan, yang disambungkan dengan dinamo sepeda tersebut.

Baca juga: Peneliti Kanada: Madu Bisa Bantu Pantau Polusi Udara

Kipas-kipas itu meniupkan udara bersih ke wajah pengendara sepeda, sekaligus mengisi daya baterai yang berfungsi mengaktifkan alat penyaring.

Hasil uji coba menunjukkan bahwa alat tersebut dapat menyaring 86 persen debu dan 63 persen nitrogen oksida, menurut keterangan pejabat lingkungan setempat.

Pham Gia Sam, guru fisika di sekolah itu, yakin bahwa hasil tersebut dapat dipercaya karena telah diperoleh melalui banyak uji coba di berbagai lokasi yang berbeda di kota itu.

Ketiga siswa itu menjadi juara kedua dalam kompetisi teknik dan sains nasional tingkat SMA pada tahun akademik ini. Ketiganya bertekad untuk melanjutkan penelitian mereka untuk mengembangkan alat tersebut agar bisa memberikan dampak maksimal.

"Tak lama lagi, kami akan memproduksi massal alat penyaring tersebut untuk sepeda listrik, yang dapat berkontribusi dalam upaya melindungi kesehatan masyarakat dan lingkungan," ujar salah satu siswa, Cao Th? Khanh Hoa.

Untuk menjaga agar ongkos produksi tetap rendah, para siswa telah menggunakan bahan-bahan daur ulang.

Sepeda Bebas Kabut Asap

Temuan semacam ini sebenarnya bukanlah hal baru. Seniman Belanda Daan Roosegaarde telah merancang sepeda bebas kabut asap selama beberapa tahun terakhir, yang merupakan bagian dari proyek ramah lingkungan yang lebih besar.

Purwarupa alat ciptaannya, yang juga diletakkan di bagian setang sepeda, menghirup udara berpolusi, lalu membersihkannya menggunakan ionisasi positif, kemudian melepaskan udara yang sudah dibersihkan ke udara bebas di sekitar si pengendara sepeda.

Baca juga: Polusi Udara Bunuh Lebih Banyak Orang Dibanding Merokok

Desain tersebut terinspirasi oleh ikan pari manta yang menyaring air untuk mendapatkan makanan.

Perusahaan desain milik Roosegaarde, Studio Roosegaarde, memiliki rencana ambisius untuk sepeda bebas kabut asapnya.

Mereka merencanakan pengerahan sepeda itu secara besar-besaran untuk menciptakan dampak yang besar di kota-kota berpolusi, di mana mereka telah cukup lama mengerjakan perencanaan tersebut.

Perusahaan itu menyatakan kepada BBC bahwa mereka tengah "mencari tanggal peluncuran yang tepat" bersama ofo - program penyewaan sepeda massal terkemuka milik China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com