Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Venus, Planet Terdekat dengan Bumi Itu Merkurius

Kompas.com - 20/03/2019, 20:07 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini, Venus dianggap sebagai planet terdekat dengan Bumi. Namun menurut perhitungan baru, Merkurius ternyata lebih dekat dengan planet kita.

Temuan ini dipresentasikan oleh tim peneliti dalam sebuah artikel di majalah Physics Today.

"Ada kecerobohan dalam menghitung jarak rata-rata antar planet," tulis tim peneliti yang terdiri dari Tom Stockham, Gabriel Monroe, dan Samuel Cordner, mahasiswa S3 di University of Alabama.

Baca juga: Studi Baru: Planet Sembilan Mungkin Bukan Planet Seutuhnya

Kesalahpahaman itu berasal dari cara kita biasanya memperkirakan jarak ke planet lain. Biasanya, peneliti menghitung jarak rata-rata planet berdasarkan jarak mereka dari matahari. Bumi jaraknya satu unit astronomi (AU) dari Matahari, sementara Venus sekitar 0,72 AU.

Namun jika dikurangi, jarak antara Venus dari Bumi, yang didapat sebenarnya adalah jarak rata-rata antara orbitnya, bukan jarak antar planet itu sendiri.

Oleh karenanya, menurut trio peneliti, itu bukan merupakan cara yang akurat untuk menghitung jarak planet. Apalagi Bumi menghabiskan banyak waktu di sisi berlawanan dari Venus sehingga jarak rata-rata Bumi dengan Venus 1,72 AU jauhnya.

Baca juga: Badai Matahari Dahsyat Hantam Bumi 2.700 Tahun Lalu, Bisa Terulang

Temuan ini berdasarkan simulasi dengan asumsi bahwa orbit planet itu kira-kira berbentuk lingkaran dan orbitnya tak bersudut satu sama lain.

"Dengan menggunakan metode yang lebih akurat untuk memperkirakan jarak rata-rata antara dua benda yang mengorbit, kami menemukan bahwa Merkurius lebih dekat ke Bumi daripada Venus karena mengorbit Matahari lebih dekat," tulis ketiga peneliti dalam laporannya.

Berikut adalah video simulasi yang dibuat oleh Tom Stockham, Gabriel Monroe, dan Samuel Cordner:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com