Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajaib, Danau Besar Muncul di Tempat Terkering Amerika Utara

Kompas.com - 14/03/2019, 17:09 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Death Valley merupakan tempat terpanas sekaligus terkering di Amerika Utara. Hampir tak ada mata air maupun danau di tempat ini.

Namun, sebuah danau seluas 16 kilometer tiba-tiba terhapar di tempat ini.

Peristiwa ini diabadikan oleh seorang fotografer, Elliott McGucken. Dia sebetulnya ingin ke Badwater Basin untuk melihat daerah yang sedang kebanjiran tersebut, namun McGucken justru menemukan danau raksasa di tengah perjalanannya.

"Rasanya tidak masuk akal melihat begitu banyak air di tempat paling kering di dunia," kata McGucken dalam unggahannya di Instragram.

Baca juga: Ahli Ungkap Kemiripan Danau Purba di Mars dengan Danau di Sulsel

Rupanya hal ini terjadi karena fenomena alam yang terjadi di wilayah tersebut. Badai besar disertai hujan membawa suhu dingin melalui California Selatan dan menciptakan sebuah danau raksasa.

"Air tidak mudah diserap di lingkungan yang kering. Bahkan curah hujan moderat dapat menyebabkan banjir kilat di Death Valley," jelas ahli cuaca Weather.com, Chris Dolce.

Dia melanjutkan, banjir kilat bisa terjadi di tempat yang bahkan tidak kehujanan. Sungai musiman yang biasanya kering bisa tiba-tiba kebanjiran karena hujan di hulu.

Baca juga: Danau di Turki Sembunyikan Gereja Romawi Kuno dan Kuil Pagan

Apa yang terjadi di Death Valley memang sebuah fenomena alam yang tak biasa.

Bagaimana tidak, pada tahun 1972, wilayah yang terletak di California Timur ini tercatat dengan suhu permukaan tanah alami tertinggi di Bumi yang mencapai 93,9 derajat Celcius.

Selama dua tahun terakhir, Death Valley juga menjadi tempat terpanas yang pernah diukur di planet ini. Wilayah ini pun hanya mendapat jatah sekitar 60 milimeter hujan setiap tahunnya.

Namun, alam memang mampu menyajikan hal yang tak manusia pikirkan sebelumnya. Contohnya tentu saja dengan kemunculan danau di salah satu tempat terpanas di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com