Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2019, 18:02 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber ABC

KOMPAS.com - Seekor ikan dengan bentuk aneh tertangkap pemancing di Australia, Jumat (01/03/2019) kemarin. Pemancing tersebut, Tee Hokin menggambarkan ikan tangkapannya mirip alien dalam film horor klasik.

Jika Anda melihat foto dari ikan tersebut, tentu mudah menebak mengapa Hokin menyebutnya mirip alien.

Ikan yang ditangkap di dekat Taman Nasional Kakadu itu tak memiliki bola mata. Lebih menyeramkan lagi, ikan ini punya gigi yang sangat runcing.

"Jujur, hal pertama yang saya pikirkan adalah film Alien dengan Sigourney Weaver dan hal yang keluar dari perut orang, itulah yang saya pikirkan dan beberapa orang ketika melihatnya di internet," ujar Hokin dikutip dari ABC News Australia, Jumat (01/03/2019).

Baca juga: Punya Antibeku dalam Darah, Ikan Ini Hidup di Area Terdingin Bumi

"Ikan itu seperti cokelat keunguan, memiliki kepala yang sangat aneh, tapi tubuhnya seperti belut dan bahkan tidak bergerak atau menggeliat, ia seperti tertegun atau mengaktifkan mode diam," imbuhnya.

Identitas Ikan "Alien"

Penasaran dengan ikan berukuran 15 cm itu, pihak ABC menghubugi seorang kurator ikan dari Museum dan Galeri Seni Nothern Territory (MAGNT) Michael Hammer.

Hammer menyebut bahwa ikan tersebut adalah cacing goby dari Taenioides.

"MEreka tidak memiliki mata dan menjalani hidup mereka di bawah lumpur dan sangat jarang dilihat oleh orang," kata Hammer.

"Mereka adalah bintang yang sangat menarik," imbuhnya.

Meski telah mengetahui jenisnya, Hammer mengatakan sulit untuk mengetahui secara pasti spesies apakah ikan tersebut tanpa melakukan rontgen. Hammer juga tidak menutup kemungkinan bahwa itu adalah spesies baru.

Namun, Hammer menegaskan bahwa cacing goby biasanya tidak berbahaya.

"Mereka masih memiliki gigi kecil yang sangat mirip kaca, kecil sehingga beberapa orang mengatakan ketika mereka menangkapnya, mereka mendapat gigitan tetapi itu tidak berbahaya," tegas Hammer.

"Panjang ikan ini bisa mencapai 50 cm, jadi ketika mereka sebesar itu, bisa saja mereka menggigit," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ABC
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com