Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Spesies Lenyap, FAO Khawatirkan Persediaan Pangan Dunia

Kompas.com - 26/02/2019, 17:35 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Editor

KOMPAS.com - Masa depan persediaan pangan "sangat terancam" sebab jumlah hewan dan spesies tanaman lenyap dengan cepat, kata laporan PBB hari Jumat (22/02/2019). Padahal, dunia terus bergelut pada permasalahan bagaimana memberi makan penduduk yang terus bertambah.

Organisasi Pangan Dunia (FAO) mengatakan, manusia bergantung pada spesies yang semakin berkurang untuk pangan. Ini membuat sistem produksi pangan rentan pada guncangan seperti pes atau penyakit, kemarau, serta peristiwa ekstrem lain terkait cuaca akibat perubahan iklim.

Walaupun ada sekitar 6 ribu spesies tumbuhan yang dapat digunakan untuk pangan, kurang dari 200 yang umumnya dimakan. Bahkan, hanya 9 spesies saja yang menghasilkan sebagian besar jumlah pangan dunia, kata FAO dalam laporan pertama sejenis dalam mengkaji biodiversitas sistem pangan.

Baca juga: Gara-gara Pemanasan Global, Sumber Pangan di Samudra Arktik Kabur

"Hilangnya keanekaragaman hayati bagi pangan dan pertanian sangat merongrong kemampuan untuk memberi makan penduduk dunia yang terus bertambah," kata direktur FAO Jose Graziano da Silva dalam sebuah pernyataan.

"Kita perlu menggunakan biodiversitas dalam bentuk bersinambung supaya dapat memberi tanggapan yang lebih baik terhadap perubahan iklim dan memproduksi pangan dalam cara tidak merugikan alam lingkungan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com