Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebun Binatang London Bagikan Hasil Rontgen Hewan

Kompas.com - 20/02/2019, 20:06 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com - Rontgen pada tubuh manusia adalah hal yang lumrah dan mudah ditemui. Tapi bagaimana jika rontgen tubuh hewan?

Baru-baru ini tim dokter hewan ahli di Kebun Binatang London ZSL membagikan beberapa foto rontgen pilihan yang dibuat selama pemeriksaan kesehatan rutin terhadap 18.000 hewan.

Gambar-gambar itu disebut bisa mengungkapkan cara kerja bagian dalam berbagai spesies yang berbeda, termasuk katak, ular, tokek, dan kura-kura. Hasil rontgen ini juga bisa memberikan wawasan berharga bagi tim dokter hewan.

"Kita bisa tahu banyak tentang kesehatan hewan dari melihat sinar-X - dari kekuatan tulang mereka hingga seberapa sehat jantung mereka," kata Heather Macintosh, perawat hewan Kebun Binatang ZSL London dikutip dari BBC, Senin (18/02/2019).

Baca juga: Studi Baru di Bandara: Baki X-Ray Paling Kotor, Toilet Paling Bersih

Macintosh menyebut proses rontgen ini merupakan hal yang sangat penting. Ketika melihat gambar hasil rontgen tersebut, dia mengatakan itu sangat menarik.

Rontgen armadillo bulu besar Rontgen armadillo bulu besar

"Kebanyakan orang dapat mengenali X-ray manusia, tetapi mereka mungkin belum melihat segmen individu dari exoskeleton armadillo berbulu besar atau tulang ekor panjang dari kura-kura berkepala besar," kata Macintosh.

"Sinar-X favorit saya pastinya adalah ular - manusia memiliki 33 tulang belakang, sedangkan ular memiliki antara 200 dan 400, yang merupakan cara mereka sangat lincah - sungguh menakjubkan melihatnya di layar," sambungnya.

Foto-foto itu dirilis bertepatan dengan acara Vets in Action ZSL, yang bertujuan untuk mengedukasi pengunjung tentang pekerjaan yang berlangsung di belakang layar kebun binatang tersebut.

Rontgen tokek rumah Rontgen tokek rumah

Rontgen kura-kura kepala besar Rontgen kura-kura kepala besar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com