Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampakan Putih Berbentuk Tanda Tanya di Langit California, Apa Itu?

Kompas.com - 21/12/2018, 20:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber SPACE.COM

KOMPAS.com – Sebuah penampakan putih misterius berbentuk tanda tanya di langit California, Amerika Serikat, pada Rabu malam (19/12/2018) akhirnya berhasil diidentifikasikan.

Penampakan tersebut rupanya berasal dari sebuah meteor yang lewat di langit San Fransisco Bay Area. Ketika meluncur dengan kecepatan tinggi, meteor tersebut meninggalkan ekor yang terdiri dari potongan-potongan kecil dirinya.

Ekor tersebut tampak putih seperti asap di langit yang gelap, dan belakangan melingkar di satu sisinya membentuk tanda tanya.

Seorang warga California, Josie Malik, mengatakan kepada Space.com, aku melihatnya (asap putih berbentuk tanda tanya) ketika sedang menyetir ke rumah. Aku tidak tahu itu apa hingga membaca beritanya, tetapi asap tersebut tampak sangat cantik.

Baca juga: Pelangi di Langit Taiwan Berlangsung 9 Jam, Kok Bisa?

Sebelum diidentifikasikan, warga San Fransisco Bay Area telah mencoba untuk menebak-nebak di media sosial.

Dugaan yang paling banyak disetujui oleh warganet adalah potongan dari satelit mata-mata NROL-71. Pasalnya, NROL-71 memang dijadwalkan untuk diluncurkan dari Vandenberg Air Force Base, California, pada hari tersebut. Namun, peluncuran NROL-71 tidak terjadi karena adanya gangguan roket.

Selain itu, menurut astronom di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, gerakan obyek tersebut terlalu cepat untuk dikategorikan sebagai sampah antariksa.

Berdasarkan kecepatannya dan bentuknya, McDowell mendeduksi bahwa obyek tersebut adalah meteor dan sisanya. Dalam akun Twitter-nya, McDowell menjelaskan lekukan asap terjadi karena ia terpengaruh oleh angin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SPACE.COM
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com