Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pikachu Nyata dan Hidup di Australia, Begini Wujudnya

Kompas.com - 08/12/2018, 17:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis


KOMPAS.com - Mendengar kata Pikachu mungkin bayangan kita langsung tertuju pada serial anime Pokemon berwarna kuning menggemaskan yang punya kekuatan mengeluarkan listrik. Siapa sangka, karakter menggemaskan ini sebenarnya hidup di dunia nyata dan bisa ditemukan di Australia.

Kalau saja masyarakat yang melihat hewan ini tidak membawanya ke Boronia Veterinary Clinic and Animal Hospital (BVCAH), Melbourne, mungkin kita tidak akan tahu bahwa Pikachu menggemaskan itu sungguh nyata.

Sebenarnya hewan itu adalah posum atau marsupial berwarna kuning yang sangat langka. Usianya baru lima bulan, dan kemungkinan besar ia jatuh dari punggung ibunya sebelum keduanya berpisah.

Mengingat bentuknya yang sangat mirip Pikachu, tim medis BVCAH yang merawatnya akhirnya memberinya nama sama seperti karakter di serial Pokemon.

Baca juga: Selamatkan Bayinya, Induk Posum Bergulat dengan Ular Piton

"Kami baru-baru ini menemukan posum yang sangat istimewa di klinik. Meski warna cerahnya sangat spesial bagi kita, namun hal ini membuat mereka menjadi sasaran para predator," tulis BVCAH di akun Facebooknya.

Dilansir IFL Science, Kamis (6/12/2018), Pikachu merupakan bagian dari spesies brushtail possum yang sering dijuluki posum emas.

Kulit dan rambut kuning-oranyenya disebabkan oleh mutasi genetik yang membuatnya kekurangan melanin. Ini merupakan pigmen yang juga bertanggung jawab untuk warna mata, rambut, dan kulit manusia.

Sebagai hewan nokturnal, warnanya yang terang membuatnya menjadi sasaran empuk bagi burung hantu. Sadar menjadi sasaran empuk, posum emas lebih banyak ditemukan di Tasmania, tempat aman dengan sedikit predator.

Saat ini Pikachu telah menjalani pemeriksaan dan ditempatkan di penangkaran.

Menurut Dokter hewan Dr Stephen Reinisch, pihaknya akan terus memantau perkembangan kesehatan Pikachu agar suatu saat siap dilepaskan lagi ke alam liar.

Baca juga: Latihan Interval Bersama Pokemon Go

Sebenarnya posum merupakan hewan yang sangat teritorial. Hal ini mungkin akan membuat Pikachu sulit dilepaskan ke alam setelah tinggal di penangkaran cukup lama.

"Jika Pikachu sudah aktif kembali, dia mungkin akan dibebaskan ke alam liar. Namun kalau dia masih cemas, mungkin kita akan menempatkan di penangkaran untuk waktu yang cukup lama," ujar Reinisch.

Menurut BVCAH, jika Pikachu akhirnya tidak dilepaskan ke alam liar, kemungkinan ia akan dipindahkan ke suatu penangkaran yang ada di Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com