Studi: Konsumsi Cokelat, Kopi, dan Teh Bisa Perpanjang Umur, asal...

Kompas.com - 12/11/2018, 19:01 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com — Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan cokelat, minum kopi, dan teh bisa membantu memperpanjang umur manusia.

Namun, tentu saja ada syaratnya. Konsumsi ketiga jenis makanan dan minuman itu harus disertai dengan suplemen zinc.

Gabungan antara ketiga makanan tersebut dengan zinc ternyata bisa mengaktifkan senyawa yang memperlambat penuaan.

Studi ini dilakukan oleh gabungan peneliti dari University of Erlangen-Nuremberg, Jerman, dan Auburn University, AS.

Mereka menyebut, kombinasi ini "secara alami" melindungi stres oksidatif. Stres oksidatif sendiri digambarkan sebagai gas yang menyebabkan penuaan dan penyakit lain, seperti kanker, peradangan, atau penyakit degeneratif.

Zinc sebelumnya telah dikenal bisa membantu tubuh untuk melawan bakteri dan virus. Sedangkan cokelat, kopi, dan teh diketahui memgandung antioksidan polifenol.

Tanpa bantuan zinc, polifenol dalam ketiga makanan tersebut tidak bisa memecah stres oksidatif. Tapi dengan bantuan zinc, kombinasi ini menciptakan enzim yang sangat kompleks.

Enzim yang dihasilkan ini mirip dengan superoksida dismutase enzim (SOD). Dalam laporan di jurnal Nature Chemistry, enzim inilah yang membantu melindungi tubuh dari limbah gas yang bisa merusak tubuh.

Zinc efektif dalam hal ini karena kurang beracun dibanding jenis logam lain.

"Sangat mungkin bahwa wine, teh, kopi, dan cokelat di masa depan akan tersedia dengan tambahan zinc," ungkap Dr Ivana Ivanovic-Burmazovic, penulis utama penelitian ini dikutip dari The Independent, Selasa (06/11/2018).