Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: Guncang Bengkulu Tengah Malam, 3 Lainnya di Sulawesi

Kompas.com - 04/11/2018, 20:31 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Selain empat gempa bumi yang mengguncang wilayah Sulawesi pada Sabtu (3/11/2018), lindu berkekuatan 5,4 juga mengguncang wilayah Bengkulu pada pukul 22.58 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan pusat gempa ada di wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, dengan titik episenter terletak pada koordinat 3,9 LS dan 101,72 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 60 km arah barat Kota Bengkulu, Propinsi Bengkulu pada kedalaman 68 km.

Menurut BMKG dalam keterangan resminya, dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra.

"Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera," tulis BMKG.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik (Thrust Fault).

Guncangan gempa bumi dirasakan di daerah Bengkulu Kota dengan intensitas III - IV MMI, Kepahiang, Mukomuko, Manna dengan intensitas III MMI, Sementara Kaur, Empat Lawang, Linggau dan Lahat II-III MMI, Sedangkan Liwa II MMI.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami," imbuh BMKG.

Hingga pukul 23.30 WIB, Hasil monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tukas BMKG.

Gempa 4 November 2018

Sementara itu, beberapa jam kemudian gempa mengguncang wilayah Sulawesi lagi. Hingga pukul 16.00 WIB, tercatat ada tiga lindu.

Gempa yang pertama terjadi pukul 1.30 WIB dengan kekuatan 3,3 mengguncang titik koordinat 1.23 LS dan 119.83 BT. Pusat gempa berada di darat, tepaynya 13 km Barat Pakuli, Gumbasa, kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah dengan kedalaman 10 kilometer.

Guncangan gempa ini dirasakan hingga ke Palu dengan intensitas II-III.

Empat jam kemudian, tepatnya pukul 5.14 WIB gempa berkekuatan 4,6 mengguncang titik koordinat 2.88 LS dan 119.43 BT. Pusat gempa juga terjadi di darat 12 km Timur Laut Mamasa dengan kedalaman 10 kilometer.

Guncangan gempa dirasakan di Mamuju dengan intensitas II, kemudian di Toraja dengan intensitas III, dan di Mamasa dengan intensitas III-IV.

Gempa terakhir terjadi pada pukul 8.30 WIB. Gempa berkekuatan 3,2 berpusat di darat 23 km Barat Daya Mamasa dengan kedalaman yang sama, yakni 10 kilometer. Gempa ini dirasakan di Mamuju dengan intensitas II.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com