Hawking dalam Buku Terakhirnya: Tak Ada Waktu bagi Tuhan untuk Ada

Kompas.com - 19/10/2018, 08:00 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com — Buku terakhir Stephen Hawking baru saja dirilis, Selasa (16/10/2018) kemarin. Dalam buku berjudul Brief Answers to Big Questions ini, dia menuliskan 10 esai.

Namun, yang menjadi sorotan dalam buku ini adalah cara Hawking menjawab pertanyaan paling besar: Apakah Tuhan ada?

Sebenarnya, pergulatan Hawking dengan pertanyaan ini sudah berlangsung sejak lama. Bahkan, jawaban yang berada dalam buku tersebut disusun selama beberapa dekade melalui wawancara, esai, dan pidato dengan bantuan keluarga, kolega, dan Stephen Hawking Estate.

"Saya pikir alam semesta secara spontan diciptakan dari ketiadaan, menurut hukum sains," tulis Hawking dalam bukunya tersebut dikutip dari Live Science, Rabu (17/10/2018).

"Jika Anda menerima, seperti yang saya lakukan, bahwa hukum-hukum alam adalah konstan, maka tidak perlu waktu lama untuk bertanya: Peran apa yang ada untuk Tuhan?" sambungnya.

Semasa hidupnya, Hawking memopulerkan teori Big Bang miliknya. Teori tersebut membuat gagasan bahwa alam semesta dimulai dengan ledakan yang tiba-tiba keluar dari singularitas untradense yang lebih kecil dari atom.

Dari titik tersebut muncul semua materi, energi, dan ruang kosong yang pernah ada di alam semesta. Semua bahan mentah tersebut berevolusi menjadi kosmos yang kita rasakan hari ini, mengikuti serangkaian hukum ilmiah yang ketat.

Menurut Hawking, banyak ilmuwan yang berpikir sama dengan dirinya.

"Jika Anda suka, Anda bisa mengatakan hukum alam adalah karya Tuhan, tetapi itu lebih merupakan definisi Tuhan dibanding bukti keberadaannya," tulis fisikawan asal Inggris itu.

Hawking juga meyakini alam semesta berjalan dalam autopilot yang dipandu secara ilmiah. Bagi Hawking, satu-satunya perang untuk Tuhan yang Maha Kuasa adalah pengaturan kondisi awal semesta sehingga hukum alam bisa terbentuk.