Kali Pertama, Ilmuwan Ciptakan Kehidupan Buatan di Komputer Kuantum

Kompas.com - 06/10/2018, 20:34 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Bisakah asal mula kehidupan dijelaskan dengan mekanika kuantum? Bila demikian, adakah alogaritma kuantum yang bisa mengkodekan kehidupan?

Tim peneliti dari University of the Basque Country di Spanyol sedang menggunakan komputer super IBM untuk meniru beberapa pola kehidupan dan berusaha untuk menjawab kedua pertanyaan di atas.

Ini memang masih baru prototipe bukti konsep tingkat awal, tetapi penelitian ini akan membuka lebih banyak pengetahuan mengenai hubungan antara mekanika kuantum dengan asal mula kehidupan.

Perlu Anda ketahui, para peneliti telah berkali-kali mencoba membuat kehidupan buatan di dalam komputer. Namun, peranti lunak yang ada sekarang biasanya menggunakan pendekatan klasik dengan perkembangan yang logis.

Baca juga: Kecerdasan Buatan Bakal Berkembang Bebas di AS

Padahal, seperti yang kita ketahui, dunia nyata sering kali menambahkan sedikit ketidakterdugaan pada tingkat mikro dan makro, seperti fisika kuantum.

Inilah yang ingin disimulasikan oleh para peneliti menggunakan alogaritma kuantum. Dengan alogaritma ini, simulasi kehidupan buatan tidak hanya terbatas pada 1 dan 0 saja, tetapi juga berbagai ketidakterdugaan.

Para peneliti menulis dalam jurnal Scientific Reports, tujuan dari model ini adalah untuk mereproduksi proses karakteristik pada evolusi Darwin, yang diadaptasikan ke bahasa alogaritma dan komputer kuantum.

Pada komputer kuantum QX4 milik IBM, para peneliti mengkodekan unit kehidupan kuantum yang terdiri dari dua qubit (quantum bit).