Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah 8 Tahun Temukan Pedang Kuno Berusia 1.500 Tahun

Kompas.com - 05/10/2018, 18:43 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Editor

KOMPAS.com - Seorang bocah delapan tahun menemukan sebilah pedang era pra-Viking saat berenang di sebuah danau di Swedia.

Bocah bernama Saga Vanecek itu menemukan benda purbakala tersebut di danau Vidöstern saat liburan keluarga di kawasan Jönköping, Swedia.

Pedang itu pada awalnya dilaporkan berumur 1.000 tahun. Namun kini para ahli di museum setempat meyakini benda itu mungkin berusia sekitar 1.500 tahun.

"Tidak setiap hari kamu menginjak pedang di danau!" kata Mikael Nordström dari pihak museum.

Debit air yang sangat rendah akibat kekeringan, mungkin menjadi faktor mengapa Saga bisa menemukan senjata kuno itu.

"Saya merasakan ada sesuatu di dalam air dan mengangkatnya. Lalu saya seperti memegang sebuah gagang dan saya pergi memberi tahu ayah saya bahwa itu tampak seperti pedang," kata Saga kepada penyiar Radio Sveriges.

Ayah Saga, Andy Vanecek, mengatakan kepada situs berbahasa Inggris The Local, awalnya dia mengira putrinya telah menemukan tongkat atau ranting yang tidak biasa di dalam air.

Dia lantas meminta seorang temannya untuk melihat lebih dekat apakah temuannya itu mungkin sebuah benda kuno.

Museum setempat - yang sekarang turut melestarikan benda bersejarah itu - menyebutkan pedang itu terjaga dengan sangat baik.

Baca juga: Studi: Suku Viking Lenyap karena Walrus, Kok Bisa?

Penemuan pedang oleh Saga ini membuat pihak museum dan dewan kota setempat melakukan penggalian lebih lanjut di danau itu. Hasilnya, mereka juga menemukan sebuah bros dari abad ke-3.

Museum county Jönköping mengatakan bahwa penyelidikan yang berlangsung di danau itu belum selesai dan bisa jadi masih banyak peninggalan-peninggalan kuno di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com