Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beginilah Rupa Badai Florence bila Dilihat dari Luar Angkasa

Kompas.com - 15/09/2018, 17:10 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Sejak hari Jumat kemarin (14/9/2018), Badai Florence masih terus mengamuk di Carolina Utara, Amerika Serikat.

Washington Post, Sabtu (15/9/2018) melaporkan bahwa angin kencang dan banjir dalam kejadian ini telah menimbulkan beberapa korban dan banyak kerusakan

Namun bila dibandingkan dengan amukan Florence di Bumi, penampakan badai ini dari luar angkasa sangat jauh berbeda.

Pada Jumat kemarin, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis hasil rekaman badai Florence yang diambil oleh kamera para astronot dari Stasiun Luar Angkasa.

Baca juga: Siklon Tropis Mangkhut Terbentuk, Akankah ada Gelombang Tinggi Lagi?

Dalam video tanpa suara tersebut, detik-detik turunnya Florence di Carolina Utara sangatlah tenang. Ia hanya tampak seperti awan putih yang berputar dan mengumpul.

Akun Human Spaceflight di Twitter juga mengunggah video yang menjelaskan cara para astronot mengambil gambar badai Florence dari ISS.

Selain NASA, National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) juga merilis foto satelit badai Florence yang menunjukkan seberapa besar badai tersebut bila dibandingkan dengan Amerika Serikat.

NOAA Foto satelit badai Florence

Lalu, astronot Jerman Alexander Gerst yang berada di ISS juga telah memperingatkan bumi akan datangnya badai Florence pada Rabu lalu (12/9/2018).

“Hati-hati, Amerika! Badai Florence sangatlah besar, kami hanya bisa menangkapnya dengan lensa super wide-angle (super lebar) dari ISS, 400 kilometer tempat di atas matanya. Bersiap-siaplah Pesisir Timur, ini mimpi buruk yang datang ke arah Anda,” tulisnya di Twitter.

Gerst lalu mengunggah lebih banyak foto yang mengintip isi mata Florence. Dia menulis, pernah melihat ke dalam mata badai kategori empat? Ini sangat mengerikan, sekalipun bila dilihat dari luar angkasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com